Di Wisuda UPN Surabaya, Pj Gubernur Adhy Sebut Perguruan Tinggi Penting Sebagai Intelectual Capital Pencetak SDM Berkualitas

Pj Gubernur Adhy hadiri wisuda UPN  Surabaya. (Ist)
Pj Gubernur Adhy hadiri wisuda UPN Surabaya. (Ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Wisuda Sarjana Ke-90, Pasca Sarjana Ke-52 dan Doktor Ke-1 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur di Gedung Giri Loka UPN Veteran Jatim pada Sabtu (24/2) pagi.

Di hadapan 733 wisudawan dan wisudawati yang hadir, Pj. Gubernur Adhy menekankan pentingnya peran Perguruan Tinggi sebagai _Intellectual Capital_ bangsa untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang lebih berkualitas. 

"Perguruan Tinggi diharapkan menjadi institusi pendidikan yang mengajarkan daya juang. Bahkan bisa membangun watak pembelajar, yang selalu belajar tanpa menunggu digurui, yang selalu berinovasi tanpa menunggu diajari," ucap Adhy. 

Adhy mengatakan, pentingnya peran Perguruan Tinggi dalam membangun SDM berkualitas juga dapat dilihat dari peringkat Indonesia dalam Indeks Daya Saing Global tahun 2023 yang mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2023 Indonesia berhasil menempati peringkat 34, naik 10 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di peringkat 44.

"Indeks Inovasi Global kita dalam laporan yang dirilis _World Intellectual Property Organization_ (WIPO), menempati peringkat 61 dari 132 negara, dengan total skor 30,3. Posisi itu berhasil naik 14 peringkat dari peringkat 75 di tahun 2022," tuturnya.

Sedangkan, untuk Indeks Daya Saing Talenta Global _(Global Talent Competitiveness Index)_ pada tahun 2023, Indonesia masih berada di peringkat ke-80 dari 134 negara, dimana Singapore berada di peringkat ke-2, Malaysia di peringkat ke-42 dan Thailand ke-79.

"Fakta-fakta tersebut menandakan bahwa daya saing SDM Indonesia masih terus membutuhkan penguatan strategis yang harus terus diakselerasi," kata Adhy. 

Adhy juga menyebut bahwa SDM di Indonesia, khususnya Jawa Timur, harus sudah mampu dan siap untuk menghadapi persaingan global serta dunia yang semakin digital. Bahkan yang tidak kalah penting, seluruh lulusan Perguruan Tinggi juga harus memiliki bekal adab dan budi pekerti luhur, untuk nantinya bisa terjun langsung dan diterima oleh masyarakat. 

"Artinya lulusan ini harus tetap memperhatikan budi pekerti, _culture_ lingkungan untuk bisa membawa diri di masyarakat sehingga diterima di masyarakat mana pun," pesannya. 

Di akhir, tak lupa Pj. Gubernur Adhy juga mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan wisudawati UPN Veteran Jatim. Secara khusus, ia juga mengapresiasi pelaksanaan wisuda di UPN Veteran Jatim bahwa saat pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik selain didampingi orang tua, juga dihadirkan Kepala Sekolah asal SMA.

"Itu sesuatu yang sangat bagus karena sebagai wujud penghargaan yang tinggi kepada asal usul SDM yang masuk ke Perguruan Tinggi," ungkapnya. 

"Selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan wisudawati UPN Veteran Jatim. Terus pacu semangat untuk _extra effort_ dalam memajukan SDM Indonesia, utamanya Jawa Timur," katanya.

Sementara itu, Rektor UPN Veteran Jatim Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT., IPU juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Ia berpesan agar seluruh alumni UPN Veteran Jatim bisa terus menjaga marwah almamater dengan terus menjaga kerendahan hati dan akhlak yang baik. 

"Peningkatan kompetensi bidang keilmuan harus terus ditingkatkan dengan tidak lupa mengedepankan akhlak. Akhlak yang baik akan menjadi magnet bagi lingkungan yang positif," pesannya. 

Ia juga menyampaikan terima kasih atas seluruh inovasi yang telah dihasilkan oleh seluruh mahasiswa dan civitas akademik UPN Veteran Jatim. 

"Saya sangat mengapresiasi para dosen dan mahasiswa yang telah menghasilkan penemuan hingga tahun ini mencapai 934 hak kekayaan intelektual," ucapnya. 

"Selamat atas kelulusan seluruh wisudawan dan wisudawati. Jadilah alumni UPN Veteran Jatim yang membanggakan. Selamat berkarya dan bergabung kepada masyarakat luas," pungkasnya. (zainul) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper