Tekan Harga Tinggi Bawang Merah, Pemkot Mojokerto Gelar Operasi Pasar

Operasi pasar untuk komoditas bawang merah dan bawang putih dilakukan oleh Pemkot Mojokerto. (ist)
Operasi pasar untuk komoditas bawang merah dan bawang putih dilakukan oleh Pemkot Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Harga komoditas bawang merah semakin melambung tinggi hingga mencapai kisaran Rp. 45.000,- hingga Rp. 50.000,- per kilogram di pasaran. Untuk menanggulangi hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar operasi pasar (OP).

Operasi pasar ini dilakukan Pemkot Mojokerto di dua lokasi, yaitu di Pasar Empunala Kecamatan Magersari pada 2 Mei 2024 dan di Pasar Prapanca Kecamatan Prajurit Kulon pada 3 Mei 2024.

"Tentu lebih murah, karena harganya sudah kami berikan subsidi transportasi. Jatuhnya jauh lebih murah di kisaran Rp. 40.000,- jelas mas Pj sapaan akrab dari Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro pada Jumat (3/5) pagi.

Pemkot Mojokerto menyediakan 1 kuintal bawang merah dan 1 kuintal bawang putih setiap operasi pasar. "Kebutuhan bawang merah ini kan tidak terlalu banyak tidak seperti beras. Namun jika permintaan masyarakat lebih banyak kami siap menambah persediaan hari itu juga," jelas mas Pj. 

Selanjutnya mas Pj juga menyampaikan bahwa operasi pasar ini akan terus dilakukan hingga harga bawang merah menurun di pasaran.

"Rencananya kita adakan lagi operasi pasar di depan PGS (Pusat Grosir Sepatu) Kota Mojokerto, insyaallah minggu depan," tambahnya. 

Meskipun tidak antri namun cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan OP bawang merah. (ist)

Operasi pasar kali ini memang berbeda dibandingkan dengan operasi pasar sebelumnya dengan menyediakan komoditas beras yang dilakukan din18 Kelurahan. Operasi kali ini hanya dilakukan satu lokasi untuk satu Kecamatan. 

"Kalau kemarin terkait dengan kebutuhan beras kami lakukan OP di 18 Kelurahan, karena beras memang merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Sedangkan bawang ini kan tidak se-urgent beras, jadi cukup kami lakukan satu lokasi di satu Kecamatan," pungkasnya. 

Dalam operasi pasar yang dilakukan Pemkot untuk komoditas bawang ini pembelian dibatasi maksimal 2 kg per orang. Bukan hanya bawang merah dan bawang putih operasi pasar ini juga menyediakan gula dan minyak dengan harga dibawah pasaran. Kedepannya operasi pasar akan dirancang melalui TPID yang tersebar di 18 Kelurahan yang ada. (eko/rls)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper