Kader PKK, DWP dan Perwosi se Bakorwil Bojonegoro Sinergi Kembangkan UMKM

Kader PKK, DWP, Perwosi bertemu bersinergi tingkatkan UMKM Bojonegoro. (Ist)
Kader PKK, DWP, Perwosi bertemu bersinergi tingkatkan UMKM Bojonegoro. (Ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id - Para kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Darma Wanita Persatuan (DWP), dan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) se wilayah kerja Bakorwil II Bojonegoro menggelar pertemuan di Kabupaten Bojonegoro, Selasa (23/4/2024) di Pendopo Malowopati Bojonegoro.

Pertemuan rutin tersebut membahas pengembangan UMKM, mengurangi stunting, pertukaran budaya hingga meningkatkan sinergitas. 

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto, dalam sambutannya menjelaskan pertemuan hari ini sangat baik dan bisa membawa keberkahan dan kebaikan khususnya bagi kabupaten/kota dan masyarakatnya yang berada di wilayah Bakorwil II. 

"Walau ini pertemuan rutin, tapi topik pembicaraan tidak rutin dan bersifat strategis. Harapannya dapat membahas berbagai masalah di wilayah Bakorwil II," ujarnya. 

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan ada beberapa hal yang bisa didiskusikan oleh para ibu yang hadir. Salah satunya adalah bagaimana masyarakat mengembangkan kehidupannya melalui UMKM. Kini ada 2 juta UMKM di wilayah Bakorwil II. Sebagian besar memanfaatkan bahan alam meliputi kerajinan, makanan dan minuman. Selain itu juga ada UMKM yang bermodal kekayaan budaya. Misal, pengembangan budaya dengan tampil di wilayah Bakorwil II secara bergantian yang dapat memperkuat persatuan. 

"Perlu sama-sama berusaha bagaimana mengembangkan UMKM di wilayah masing-masing dan bekerjasama dengan sesama ketua PKK di wilayah Bakorwil II. Momen ini bisa terus menjadi kegiatan dalam mengembangkan UMKM," harapnya.

Selain pengembangan UMKM, lanjut dia, perlu juga meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang kesehatan khususnya memerangi stunting. Pj Bupati berharap ada forum sharing untuk mengatasi stunting antar wilayah. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini semakin memperkuat relasi dan turut berperan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Bakorwil II," tambahnya. 

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Dian Adiyanti Adriyanto mengucapkan selamat datang dan memberi apresiasi pada seluruh tamu yang hadir. Ia berharap bisa menambah sinergi, membawa semangat dan energi baru.  

Kebersamaan dan sinergi selama ini, kata dia, sangatlah harmonis. Sehingga diharapkan dapat terjalin sinergi dengan sangat baik, semakin menyatukan gerak dan langkah. 

Sementara itu, Koordinator Bakorwil II Bojonegoro Yuan Erma Agung Subagyo mengatakan, pertemuan rutin ini bertujuan mempererat 8 wilayah kerja. Menurut dia, ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu terkait cuaca yang masih belum menentu, serta mengonsumsi air secukupnya. 

Pertemuan rutin ini juga diramaikan dengan stand UMKM Bojonegoro, penampilan Tari Thengul, peragaan busana 13 motif batik khas Bojonegoro, senam line dance dan penampilan lainnya.(za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper