Resmikan Masjid KH Robbach Ma'sum, Bupati Gus Yani: Jadi Simbol dan Kebanggaan Masyarakat

Bupati Gresik Fandi Akhmad Zyani meresmikan Masjid KH Robbach Ma'sum. (Ist)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Zyani meresmikan Masjid KH Robbach Ma'sum. (Ist)
b-news.id leaderboard

GRESIK | B-news.id - Satu lagi bangunan monumental di Kabupaten Gresik diresmikan Bupati Fandi Akhmad Yani. Bangunan yang diresmikan Bupati Yani tersebut adalah Masjid KH. Robbach Ma'sum.

Berada dalam kompleks _islamic center_ di Desa Kedungpring Kecamatan Balongpanggang, bangunan masjid ini menjadi salah satu dari tiga bangunan yang berada dalam kompleks _islamic center_ tersebut.

"Hari ini bersama-sama kita saksikan peresmian bangunan prasasti yang tahun lalu mulai kita bangun. Semoga kedepan bisa memberikan manfaat dan bisa dipergunakan masyarakat Balongpanggang dan sekitarnya," ujar Bupati Yani, Jum'at (29/04) malam.

Bupati Yani mengenang, kala itu dirinya bersama jajaran melakukan tinjauan terhadap struktur bangunan yang tidak tuntas di Desa Kedungpring. Berikutnya, diawali dengan konsultasi dengan aparat penegak hukum, didapatkan kesimpulan bahwa struktur bangunan tersebut bisa dilanjutkan pembangunannya.

"Kami kemudian mengubah rancangannya untuk menjadi sebuah simbol atau identitas bangunan ikonik yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat. Kami dari Pemerintah Kabupaten Gresik bersama-sama dengan DPRD terus berusaha mewujudkan pemerataan pembangunan di berbagai wilayah di Kabupaten Gresik," tegasnya.

"Berikutnya, pada tahun ini _insha allah_ kita lanjutkan pembangunan kompleks _islamic center_ dengan pembangunan museum digital dan perpustakaan berupa Gresik Universal Sains (GUS). Lalu, akan dibangun juga aula dan pujasera yang akan mengakomodir pelaku UMKM," sambungnya.

Penyematan nama KH. Robbach Ma'sum pada masjid yang berada di kompleks _islamic center_ ini tentunya bukan tanpa makna. Bupati Yani mengungkapkan, penamaan nama tersebut merupakan bentuk dedikasi dan penghormatan kepada Mantan Bupati Gresik periode 2000 - 2010 tersebut.

"Beliau adalah tokoh masyarakat, ulama, kyai sekaligus pernah menjadi pemimpin kita semua," pungkasnya.

Masjid KH Robbach Ma'sum terlihat mewah. (Ist) 

Kegiatan peresmian ini menjadi momen yang sangat istimewa. Hal ini lantaran bertepatan dengan peringatan malam Nuzulul Qur'an tahun 1446 H, sekaligus menjadi rangkaian peringatan HUT Pemkab Gresik yang ke-50 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-537.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh KH. Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah), yang memberikan ceramah agama di hadapan jamaah. Selepas itu, bersama Bupati Fandi Akhmad Yani, Gus Miftah juga turut menorehkan tanda tangan pada prasasti peresmian Masjid.

Sebagai informasi, area _islamic center_ yang menjadi lokasi berdirinya Masjid KH. Robbach Ma'sum merupakan lokasi dengan luas lahan 21.673 M² (2,1 HA). Didalamnya direncanakan akan berdiri tiga bangunan utama dengan total luas bangunan 5.700 M².

Adapun bangunan Masjid KH. Robbach Ma'sum yang diresmikan hari ini terdiri dari tiga lantai dan satu rooftop dengan fungsi masing-masing. Masjid tersebut, memiliki luas bangunan sebesar 1.900 M².

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Forkopimda Kabupaten Gresik, serta tokoh masyarakat dan alim ulama di Kabupaten Gresik. (ali/rul) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper