Pemkab Bojonegoro Kolaborasi Siap Wujudkan Angkutan Lebaran Ceria Penuh Makna

Pemkab Bojonegoro saat rapat persiapan mudik lebaran antara beberapa OPD terkait. (ist)
Pemkab Bojonegoro saat rapat persiapan mudik lebaran antara beberapa OPD terkait. (ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perhubungan menggelar rapat sinkronisasi dan sinergitas penyelenggara angkutan lebaran tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di ruang Partnership lt. 4, Selasa (26/03/2024).

Asisten I Sekretariat Daerah Bojonegoro Kusnandaka Tjatur menyampaikan bahwa melihat perkembangan kelalulintasan di Bojonegoro, arus dari utara menuju ke selatan arah jalan tol sangat padat. Selain itu, kepadatan arus lalu lintas juga dampak dari bencana banjir wilayah Demak, serta adanya prakiraan curah hujan yang masih tinggi.

Oleh karena itu, untuk tetap memberikan kenyamanan bagi para pemudik, Pemkab Bojonegoro akan memberikan layanan kepada masyarakat secara optimal. Mulai dari pos pelayanan rest area maupun yang lainnya.

“Tidak kalah pentingnya ketepatan mitigasi bencana juga perlu diperhatikan sehingga solusinya sudah kita rancang lebih dahulu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Andik Sudjarwo menuturkan bahwa tahun ini diprediksi jumlah pemudik meningkat.

Data hasil survei Kementerian Perhubungan pada tahun 2024 diperkirakan sebanyak 193,6 juta orang. Maka untuk mengantisipasi kebencanaan dalam arus mudik-balik, Dinas Perhubungan bersama stakeholder lain terus memastikan kelancaran para pemudik.

“Nantinya Dishub juga akan melakukan ramp check pada angkutan kendaraan yang rencananya akan dilaksanakan hari Senin, 1 April 2024,” ucapnya

Lebih lanjut, Andik Sudjarwo menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan menyiapkan posko pelayanan angkutan lebaran terpadu di simpang tiga Jl Ahmad Yani dan rest area di lokasi pengujian kendaraan bermotor yang berada di Jl. Raya Sukowati 413 Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Pelayanan rest area sendiri akan dimulai tanggal 3 sampai dengan 17 April 2024. Di rest area terdapat fasilitas tempat istirahat, cek kesehatan, makanan dan minuman, tempat parkir, toilet, musholla, free wifi, ruang menyusui, mobil ambulance, mobil derek, dan damkar. “Petugas siaga 24 jam,” jelasnya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa rencana jadwal mudik gratis dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dilaksanakan pada tanggal 7 April 2024. Terdapat 2 bus untuk pemudik dari Surabaya ke Kabupaten Bojonegoro dengan lokasi pemberangkatan dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jl. A. Yani 268, Surabaya.

“Di tanggal yang sama juga ada mudik gratis untuk pemudik dari Jakarta ke Bojonegoro-Babat-Lamongan, dengan lokasi pemberangkatan dari TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta,” tuturnya.

Andik Sudjarwo juga mengimbau penyedia jasa angkutan untuk mempersiapkan kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis. Diantaranya fasilitas tangga darurat, memeriksa kelengkapan administrasi seperti SIM dan STNK, serta tetap mematuhi rambu lalu lintas.

“Mari berkolaborasi wujudkan angkutan lebaran ceria penuh makna,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat sinergitas penyelenggara angkutan di Bojonegoro tahun 2024, perwakilan Dinas Perhubungan Bojonegoro, Polres Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro, Dishub Provinsi Jawa Timur, serta OPD terkait lainnya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper