Bappedalitbang Kabupaten Blitar Gelar Musrenbang RPJPD 2045 dan RKPD 2025

Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menyaksikan tarian kreasi, putra putri Blitar. (Ist)
Bupati Blitar Hj Rini Syarifah menyaksikan tarian kreasi, putra putri Blitar. (Ist)
b-news.id leaderboard

BLITAR | B-news.id - Badan perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Blitar menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2025 dan RPJPD tahun 2045,dan musyawarah Pena Intan & Rembug Stunting Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro Selasa 26 Maret 2024.

Kegiatan Musrenbang itu dibuka langsung oleh Bupati Blitar Hj Rini Syarifah, yang dihadiri Forkompinda, Pimpinan DPRD, Sekdakab Izul Marom, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Nyigit Wudi Amini, S.Sos., M.Sc. Staf Ahli Bidang BPSDM PROV Jatim, OPD, Camat, perwakilan Kades/Kalur, BUMD, tomas, toga, dan para undangan lainnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Blitar Drs.Rully Wahyu Prasetyowanto, ME dalam sambutannya mengatakan, bahwa pentingnya Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2045, sebagai bagian dari tahapan krusial dalam perencanaan pembangunan jangka pendek dan panjang.

 Kepala Bappedalitbang menandatangi nota kesepakatan bersama dengan stakeholder. (Ist)ri Blitar. Kepala Bappedalitbang menandatangi nota kesepakatan bersama dengan stakeholder. (Ist)ri Blitar.Kepala Bappedalitbang menandatangi nota kesepakatan bersama dengan stakeholder.( ist) 

"Musrenbang ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan berbagai pihak dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah, serta untuk memperkuat penyelenggaraan forum ini sebagai titik puncak dalam perencanaan pembangunan" kata Kepala Bappedalitbang Rully Wahyu Prasetyowanto.

"Kami mengacu pada pedoman penyusunan RPJPD 2025-2045 yang diatur oleh Permendagri nomor 1 tahun 2024 untuk tahapan penyusunan rancangan RPJPD di Kabupaten Blitar, telah dilaksanakan forum konsultasi publik pertama terhadap rancangan awal RPJPD 2025-2045 pada 21 Desember 2023," ungkapnya.

Dikatakan oleh Rully Wahyu Prasetyowanto, pada pertemuan kali ini selain mengagendakan Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2045, juga membahas musyawarah Pena Intan dan Rembug Stunting tahun 2024.

Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar atas partisipasi aktif mereka dalam rangkaian acara yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar.

Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh masyarakat Kabupaten Blitar sejak Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD hingga Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan, serta di Musyawarah Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas dan Kelompok Rentan yang biasa juga dikenal dengan istilah Musyawarah PENA INTAN, hingga Musrenbang Tingkat Kabupaten.

Bupati juga menegaskan bahwa partisipasi aktif masyarakat Kabupaten Blitar sangatlah penting dalam membangun daerah. Dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar, maka ide, masukan dan saran yang konstruktif akan semakin mudah dikumpulkan. Hal tersebut juga memungkinkan tercipta ide dan solusi inovatif untuk memajukan Kabupaten Blitar.

“Kita semua berharap, dalam proses pelaksanaan rangkaian Musrenbang RKPD Tahun 2025 ini mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas dan inklusif,” kata Bupati. (sun)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper