Pemkot Surabaya Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2024

Para OPD Pemkot Surabaya saat menerima penghargaan Top BUMD Awards 2024.(ist)
Para OPD Pemkot Surabaya saat menerima penghargaan Top BUMD Awards 2024.(ist)
b-news.id leaderboard

SURABAYA | B-news.id - Berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh BUMD Kota Surabaya akhirnya berbuah manis. Pasalnya, dalam ajang TOP BUMD Awards 2024 yang digelar di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu (20/3/2024), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memborong 6 penghargaan sekaligus.

Adapun 6 penghargaan itu adalah TOP Pembina BUMD 2024 (PDAM Surya Sembaga Surabaya) yang diberikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan saat itu diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji. Selanjutnya, penghargaan TOP CEO BUMD 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama PDAM Surya Sembada Arief Wisnu Cahyono, dan penghargaan Top BUMD dengan Predikat Bintang 5 yang diberikan kepada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. 

Selain itu, penghargaan TOP Pembina BUMD 2024 (PT Bank Surya Artha Utama) yang diberikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan saat itu diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji. Selanjutnya, penghargaan TOP CEO BUMD 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama PT Bank Surya Artha Utama Renny Wulandari, dan penghargaan Top BUMD dengan Predikat Bintang 5 yang diberikan kepada PT Bank Surya Artha Utama (Perseroda).

Pada kesempatan itu, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2024 M. Lutfi Handayani mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan BUMD Award. Menurutnya, apresiasi ini tak sekadar menjadi penilaian bagi BUMD, namun sekaligus menjadi pembelajaran dan media berbagi ilmu di antara BUMD. 

“Setelah ini juga akan difasilitasi kepada BUMD peserta bagi yang ingin melakukan benchmark atau belajar kepada BUMD sukses yang dapat menjadi inspirasi bagi BUMD lain,” jelas Luthfi.

TOP BUMD Awards ini digelar oleh majalah TopBusiness yang bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Penghargaan ini digelar untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

Lutfi juga berharap keberhasilan para BUMD ini dapat menambah semangat jajaran BUMD itu untuk terus meningkatkan kinerjanya dan terus memberikan kontribusinya dalam pembangunan daerah dan perusahaannya. Sebab, ajang penghargaan itu merupakan ajang bergengsi tingkat nasional dan tahun ini diikuti oleh sebanyak 1.133 BUMD seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Arief Wisnu Cahyono mengaku bersyukur karena PDAM Surya Sembaga berhasil mempertahankan gelar BUMD Bintang 5. Ia menjelaskan bahwa BUMD kriteria Bintang 5 itu adalah BUMD yang dinilai memiliki Pencapaian Kinerja yang Baik, Kepemimpinan dan Manajemennya baik dan selaras dengan visi BUMD serta telah melakukan inovasi atau perbaikan yang berkelanjutan.

“Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras seluruh insan PDAM Surya Sembada. Penghargaan ini saya harap dapat lebih memotivasi kinerja dan pelayanan terhadap pelanggan kita,” kata Arief seusai menerima penghargaan. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terutama jajaran Pemkot Surabaya dan pelanggan yang selalu mendukung PDAM Surya Sembada untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik. “Semoga ke depan kita bisa terus mempertahankan penghargaan ini dan pelayanan kita bisa terus menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (luk)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper