Ikut Berperan Mengentas Kemiskinan di Kota Mojokerto, Pj Ali Kuncoro Ajak Seluruh Masyarakat Bayar Zakat Lewat Baznas

Kantor Baznas Kota Mojokerto Jalan Benteng Pancasila. (ist)
Kantor Baznas Kota Mojokerto Jalan Benteng Pancasila. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan lembaga resmi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai penghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah. Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membayar atau menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Baznas Kota Mojokerto. Hal ini ia sampaikan pada Rabu (13/3/2024).

"Disini saya mengajak dan mendorong seluruh masyarakat, mari kita mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas sebagai lembaga resmi yang telah dibentuk oleh pemerintah, teruntuk para ASN dilingkup Pemkot bisa memberi contoh," ucap Ali Kuncoro. 

Bahkan menurut Ali Kuncoro yang akrab disapa mas Pj ini bahwa Baznas Kota Mojokerto selama ini memiliki peran sangat signifikan. Baznas ini turut membantu pemerintah daerah mengentaskan kemiskinan, membantu kaum dhuafa atau kaum marginal yang memang sangat membutuhkan uluran tangan.

"Alhamdulillah untuk angka kemiskinan ekstrem di Kota Mojokerto saat ini 0 persen, salah satunya juga peran Baznas disini. Yang berhasil mengelola ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah) dengan baik sehingga dapat tersalurkan kepada yang berhak menerima," jelas mas Pj. 

Pada kesempatan itu Ketua Baznas Kota Mojokerto Dwi Hariadi mengungkapkan, sebelumnya pada tahun 2023 pihaknya telah berhasil menghimpun Rp. 1.918.454.683,- ZIS. Sedangkan tahun ini ia menargetkan Rp. 3,5 miliar. 

"Kami mampu menghimpun lebih dari Rp. 1,9 miliar dari target kami 3 miliar. Maka tahun ini kami menargetkan Rp. 3,5 miliar," ungkap Dwi.

Selanjutnya Dwi menyampaikan bahwa zakat yang dihimpun Baznas bukan sebatas disalurkan kepada para mustahak atau golongan yang berhak menerima, namun juga diperuntukkan berbagai macam program mulai bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah serta sosial kemasyarakatan. 

"Terima kasih saya sampaikan kepada para agnia, para muzakki yang telah memberikan donasinya kepada Baznas, insyaallah barokah dunia akhirat," pungkas Dwi. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper