Gus Muhdlor Launching Nama Baru RSUD Sidoarjo Jadi RSUD R.T Notopuro

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat launching nama baru RSUD Sidoarjo jadi RSUD R. T Notopuro. (Ist)
Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat launching nama baru RSUD Sidoarjo jadi RSUD R. T Notopuro. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id -  Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali melaunching pergantian nama baru beserta tagline RSUD Sidoarjo. Hari ini, Jumat (8/3/2024) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo telah berganti namanya menjadi RSUD Raden Tumenggung Notopuro. Perubahan ini dilakukan sebagai bentuk revitalisasi dan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat. 

“Apa yang kita lakukan bersama saat ini membuktikan komitmennya untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo” katanya saat mengumumkan peserta lomba sayembara nama, logo, dan tagline RSUD Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo, Jumat. 

Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati muda itu, menyampaikan jika nama baru RSUD tersebut diambil dari nama bupati pertama Kabupaten Sidoarjo yang bergelar Cokronegoro I. "Beliau adalah sosok yang sangat dekat kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo dan merupakan salah satu tonggak sejarah Kabupaten Sidoarjo dan memiliki historis yang kental," ujarnya. 

Dikatakannya, nama R.T. Notopuro mempunyai arti sigap dalam menjalankan perintah istana maupun kerajaan. 

"Nama ini juga sebagai refleksi bagi RSUD Sidoarjo untuk sigap dan siap menata atau menjalankan tugasnya dalam mengabdi kepada masyarakat Sidoarjo dengan nama special yang perhari ini namanya berubah menjadi RSUD Raden Tumenggung Notopuro dengan tagline Profesional dan Peduli," jelasnya. 

Ia pun berharap semoga branding baru ini menjadi pelecut awal dan memberikan semangat baru, pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat Sidoarjo. 

"Saya titip dengan sudah bergantinya RSUD menjadi rumah sakit tipe A, dan memiliki nama, logo, dan tagline baru, akan membawa ruh baru yang lebih baik terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat luas," pesannya. 

Untuk diketahui, RSUD Sidoarjo meraih banyak penghargaan istimewa yang membanggakan bagi Kabupaten Sidoarjo. Seperti pada tanggal 26 Oktober 2023 RSUD Sidoarjo telah ditetapkan menjadi rumah sakit type A pertama di Indonesia milik kabupaten atau kota.

Sementara itu Plt. Direktur RSUD Sidoarjo dr. Syamsu Rahmadi, Sp.S, M.Kes menyampaikan bahwa Rumah Sakit Sidoarjo ditetapkan sebagai RSUD tipe A pada tanggal 26 Oktober 2023, dimana dengan ditetapkan maka RSUD akan terus berproses untuk meningkatkan baik dari sisi SDM, sarpras maupun pelayanan di Rumah Sakit Sidoarjo dengan tiga komponen marketing yaitu positioning diferensiasi dan juga branding.

“Kami berusaha mencari pembeda yang bisa menyemangati terus memperbaiki layanan yang ada di rumah sakit Sidoarjo berkaitan dengan prinsip ini, masukkan dari masyarakat tokoh-tokoh masyarakat serta dewan pengawas," tuturnya. 

Kemudian, dr. Syamsu juga mengatakan jika hal ini tak lepas juga dari dukungan Bapak Bupati Ahmad Muhdlor maka hasilnya yaitu mencoba untuk mengadakan suatu sayembara, tagline, logo dan maskot RSUD Sidoarjo yang pada waktu itu dimulai diumumkan tanggal 23 Januari 2024 kemudian ditutup pada tanggal 4 Februari 2024.

“Alhamdulillah antusias dari masyarakat yang mengikuti sayembara ini berjumlah 447 peserta dan akhirnya dewan juri berproses sedemikian rupa sehingga pada hari ini diumumkan pemenang nya dan RSUD telah resmi memiliki nama baru," pungkasnya. 

“Saya sampaikan terima kasih atas kunjungan dari bapak Bupati, Forkopimda ,dewan pengawas, dewan juri dan semua pihak, Insya Allah dengan acara hari ini dimana Bupati telah menetapkan serta melauncing nama tagline serta logo baru RSUD semoga dengan penetapan dan launching ini Rumah Sakit Sidoarjo akan lebih baik hari ini daripada hari kemarin dan Insya Allah besok lebih baik lagi dari hari ini," lanjutnya. 

Sebagai informasi dewan juri pada sayembara ini terdiri dari 5 orang yaitu Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor, S.IP, Drs. Win Hendrarso mantan Bupati Sidoarjo periode 2000 -2010, Bapak Soekarno selaku Budayawan dan Staf Ahli Bupati, dr. Widodo Selaku ahli manajemen Rumah Sakit Tan serta Radendra Yudistira selaku desain dosen komunikasi desain ITS Surabaya.

Pada hari ini telah diumumkan juara lomba 1,2 dan 3 serta favorit nama tagline logo dan maskot RSUD Sidoarjo oleh dewan juri nama yang menjuarai sayembara ini sebagai berikut : 

Juara I Argya Arief Wicaksono

Juara II Santoso

Juara III Suharyanto

Juara Favorit Kuntoro Rido Astono

Juara Favorit Tagline Zaid Al Qodhi

Juara Favorit Logo Irhas Prasetio

Juara Favorit Maskot Wika Prasetya Raharja

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Usman, M.Kes, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, Dandim O816 Sidoarjo Letkol. Guntung Prasetyo serta perwakilan dari Kejaksaan serta Pengadilan Negeri Sidoarjo. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper