Bupati Gus Muhdlor Minta Peran Aktif Muslimat NU Dalam Pendidikan

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor didampingi Ketua PC NU Zaenal dan Kadis Pendidikan Sidoarjo, Tirto Adi. (Ist)
Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor didampingi Ketua PC NU Zaenal dan Kadis Pendidikan Sidoarjo, Tirto Adi. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali meminta kepada organisasi kemasyarakatan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Kabupaten Sidoarjo untuk aktif terlibat dalam dunia pendidikan.

"Saya meminta kepada muslimat aktif dalam dunia pendidikan karena hari ini tidak hanya siswa saja yang perlu pendidikan, namun juga orang tua siswa juga perlu mendapatkan pendidikan," katanya di sela kegiatan Grand Launching RA Billingual Muslimat NU dan Peresmian Gedung Graha Ahmad Muhdlor di MINU Pucang, Sidoarjo pada Kamis (7/3/2024). 

Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor itu mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tengah fokus menjalankan pendidikan kepada orang tua melalui program sekolah orang tua hebat (SOTH). "Ini yang menjadi konsern Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan pemahaman guru supaya orang tua juga mendapatkan edukasi terkait dengan pendidikan anak," ujarnya.

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor meresmikan RA Billingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. (Ist) 

Gus Muhdlor juga menjelaskan ada fenomena dimana orang tua tidak mau diganggu anaknya saat asyik bermain dengan gawainya. "Bahkan, supaya tidak ingin diganggu, orang tua siswa tersebut malah membelikan gawai sendiri kepada anaknya," katanya.

Ia juga menyoroti jika saat ini di Kabupaten Sidoarjo indeks pembangunan manusia (IPM) sudah mencapai 81,88 atau tertinggi tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur. "Angka ini sudah melebihi target yang ditetapkan pada tahun 2026 yang mencapai 81,44," katanya.

Secara umum IPM di Kabupaten Sidoarjo sudah tuntas, loncatannya sangat tinggi, namun untuk capain Indeks Kesalehan Sosial (IKS) tidak sekuat loncatan IPM.

Dari data yang ada capaian IKS di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 84,53 di tahun 2022 atau meningkat sebesar 0,92 di tahun 2023 menjadi 85,45. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper