Bupati Gus Yani Bersama Wabup Bu Min Pimpin Kirab Adipura Keliling Kota Gresik

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Wabup Aminatun Habibah berdiri di atas mobil saat kirab piala Adipura keliling kota, Gresik. (foto: zainul/B-news.id)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Wabup Aminatun Habibah berdiri di atas mobil saat kirab piala Adipura keliling kota, Gresik. (foto: zainul/B-news.id)
b-news.id leaderboard

GRESIK | B-news.id - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) bersamaWakil Bupati Aminatun Habibah (Bu Min) memimpin langsung Kirab Adipura Gresik 2024 dengan mengerahkan puluhan mobil pengiring.

Arak-arakan sebagai apresiasi kepada masyarakat Gresik yang telah terlibat dalam beragam program kebersihan, ketertiban, dan ketenteraman.

Kirab dimulai pukul 16.30.00 WIB dari depan Stadion Joko Samudra berkeliling di seputaran Kota Gresik. Meliputi Jalan Veteran, Panglima Sudirman, Jaksa Agung Suprapto hingga finish di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Selasa (5/2/2024).

Dalam pantaun B-news.id, Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min menaiki mobil bus yang sudah dimodifikasi bak terbuka sambil membawa piala Adipura sesekali mengangkat piala Adipura untuk ditunjukkan kepada masyarakat Gresik yang menonton di pinggir jalan.    

Bupati Gus Yani bersama wabup Bu Min saat kirab Adipura keliling kota Gresik. (foto: zainul/B-news.id) 

Yang menarik, penghargaan Adipura ini sebagai kado istimewa karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik ke 50 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 537.

Bahkan Pemkab Gresik menanti penghargaan ini selama 10 tahun. ”Saya persembahkan penghargaan ini untuk masyarakat Gresik,” kata Bupati Fandi Akhmad Yani di sela-sela acara kirab Adipura kepada awak media di sela-sela acara kirab.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan merasa sangat bersyukur. Pasalnya, setelah 10 tahun Gresik kembali mendapatkan Penghargaan Adipura.

"Penghargaan Adipura yang berhasil kita rebut kembali setelah sepuluh tahun adalah bukti dari komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan," ujar Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Ini adalah hasil kolaborasi yang erat antara pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak untuk menjaga keindahan dan kebersihan Gresik.

"Semua pencapaian ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dan kerja keras semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin sampaikan apresiasi yang tulus kepada seluruh masyarakat Gresik, atas kontribusi dan partisipasinya dalam membangun Gresik," papar Bupati Gus Yani.

Sejak tahun 2023 lalu Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berkeinginan agar piala Adipura bisa kembali di raih okeh pemkab Gresik, terutama di masa kepemimpinannya.

Salah satu caranya dengan membangun TPA Belahan Rejo, Kedamean. Selain itu, penghijauan juga merupakan suatu isu yang juga harus masifkan kepada masyarakat.

Iring-iringan mobil listrik peserta kirab Adipura. (foto: zainul/B-news.lid) 

Selain itu juga memberikan tugas kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang baru dilantik untuk membawa kembali Piala Adipura ke Kabupaten Gresik.

"Ada salah satu variabel yang kita penuhi. Yakni penanganan sampah. Tahun ini, kita akan fokus menata terkait penanganan sampah," ujar Bupati Gus Yani dalam suatu kesempatan.

Para ontelis sepeda kebo juga turut nemerihkan kirab Adipura. (foto: zainul/B-news.id) 

Dalam acara Kirab tersebut di depan Gelora Joko Samudra terlihat macet karena panjangnya iring-iringan Kirab. Pantauan B-news.id, ada puluhan mobil mulai dari mobil listrik, mobil kelinci, mobil pasukan kebersihan, rombongan sepeda motor kades serta paguyuban Ontelis sepeda kebo.

Sedangkan mobil yang ditumpangi Bupati Gus Yani dan Wabup berupa mobil bus mini yang telah dimodifikasi sehingga baknya terlihat terbuka.

Untuk menaiki diatas bus, Gus Yani dan wabup Bu Min menaiki tangga yang sudah disediakan, selanjutnya sambil membawa piala Adipura, sesekali sambil mengangkatnya untuk diperlihatkan kepada masyarakat yang menonton kirab sepanjang jalan yang dilintasi.

“Penghargaan Adipura ini adalah sebuah hasil kolaborasi yang erat antara pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak untuk menjaga keindahan dan kebersihan Gresik,” pungkas Bupati Gus Yani. (adv/ali/rul)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper