Pemkot Blitar Gelar Benchmarking Bersama Media ke Bali

Dinas Kominfo dan Informatika Pemkot Blitar lakukan studi banding ke Diskominfo dan Informatika kab Badung Bali. (Ist)
Dinas Kominfo dan Informatika Pemkot Blitar lakukan studi banding ke Diskominfo dan Informatika kab Badung Bali. (Ist)
b-news.id leaderboard

BLITAR | B-news.id - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Blitar berkolaborasi dengan Insan Media Blitar dalam membangun narasi positif untuk Blitar Keren, mengadakan Mass Media Benchmarking ke Provinsi Bali, Senin 4 Maret 2024.

Kali ini yang menjadi target kunjungan adalah Diskominfotik Kabupaten Badung Bali dengan mengusung tema"Studi Banding Sistem Digitalisasi dan Keterbukaan Informasi Publik."

Dalam kunjungan itu, Diskominfotik Kota Blitar turut mengajak perwakilan insan media, untuk membahas beberapa hal yang antara lain tentang pengelolaan sistem digital hingga keterbukaan informasi.

Mujianto, Kepala Diskominfotik Kota Blitar menjelaskan kedatangannya ke  Bali ini untuk menjalin silaturahmi dan bertukar ilmu bersama jajaran Diskominfotik Kabupaten Badung. Dipilihnya Kabupaten  Badung, menurutnya Diskominfotik Kab Badung menjadi salah satu wilayah yang memiliki pengelolaan sistem digital cukup bagus. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat menanyakan soal kiat Kab. Badung dalam meningkatkan nilai SPBE, Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dan kemitraan bersama insan media. Hal itu penting, dalam mendukung pelaksanaan program dan branding daerah. 

"Rekan-rekan dari bidang banyak menanyakan hal yang berkaitan dengan tupoksi Diskominfotik. Termasuk soal kemitraan bersama wartawan, itu penting sekali," jelas Mujianto.

Mujianto mengaku akan segera memerintah jajarannya untuk melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) kiat yang sudah dilaksanakan Kabupaten  Badung. Meskipun pagu anggarannya terpaut jauh, namun pihaknya ingin kiat yang telah dijalankan  bisa diadaptasi di Kota Blitar.

"Yang kami catat dari sisi anggaran. Setidaknya walaupun anggaran jauh, tapi ruh pelaksanaan program akan kita contoh dan kembangkan di Kota Blitar," katanya. 

Sementara itu, Jaya Saputra Kepala Diskominfotik Kabupaten Badung menyabut baik kedatangan Diskominfotik Kota Blitar. Menurutnya, kunjungan kerja ini sangat positif. Karena sebagai sejawat, sharing ilmu sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan tupoksi yang telah dijalankan. 

Terlebih, Diskominfotik memegang peran penting dalam mensupport jalannya Pemerintahan. Mulai dari penyediaan jaringan, aplikasi, website hingga keamanan informasi. Oleh karena itu, Jaya menyebut komitmen dari jajaran Diskominfotik harus dibangun dengan kuat. 

"Kunjungan ini menjadi sangat positif, karena kita bisa sharing. Sehingga apa yang dijalankan disini bisa lebih lengkap ketika ada masukan dari Kota Blitar. Karena secara geografis, tipologi dan budaya berbeda," pungkas Jaya Saputra. (kmfkota/sun)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper