PT Mitratani Dua Tujuh Gandeng Jurnalis Jember Gelar Baksos

PT Mitratani Dua Tujuh menggelar baksos pemberian  bantuan 5.000 bibit pohon aren . (Ist)
PT Mitratani Dua Tujuh menggelar baksos pemberian bantuan 5.000 bibit pohon aren . (Ist)
b-news.id leaderboard

JEMBER | B-news.id - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, PT. Mitratani Dua Tujuh, bersama dengan Jurnalis di Jember, dan berkolaborasi bersama Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Sabtu (24/2/2023) menggelar Baksos dengan memberikan 5.000 bibit pohon Aren kepada 50 petani dibawah pembinaan TNMB. 

Direktur PT. Mitra Tani Dua Tujuh Tumbas Ginting, yang hadir langsung dalam baksos yang digelar di Balai Desa Sanenrejo Tempurejo Jember menyatakan, bahwa bantuan bibit pohon Aren, merupakan komitmen perusahaan pada pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat, dimana bantuan bibit pohon Aren adalah sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Dengan adanya acara bakti sosial ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani aren di wilayah ini. Kerjasama yang baik antara pihak-pihak terkait juga menjadi kunci keberhasilan dari kegiatan ini," ujar Tumbas Ginting.

Pria asal Medan yang baru 2 tahun berada di Jember ini menambahkan, bahwa PT. Mitra Tani, juga berkomitmen ikut membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan, terutama dalam kebutuhan komoditas gula, meski selama ini PT. Mitra Tani 27 bergerak di komoditi kedelai edamame, okra dan beberapa tanaman lainnya. 

"Karena kita semua tahu, bahwa kebutuhan gula di Indonesia saat ini masih kurang, dan pohon Aren, bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan gula nasional, terlebih saat ini kebutuhan gula aren cukup tinggi, seiring dengan bermunculan kafe-kafe kekinian," ujar Tumbas. 

Masyarakat penerima bantuan. (Ist) 

Tidak hanya itu, pohon Aren selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, gula yang dihasilkan juga lebih rendah Glukosa dibandingkan dengan gula kristal dari tanaman tebu. "Gula aren itu brow sugar, dan banyak digunakan oleh Starbuck dan juga kedai kopi kekinian," jelas Tumbas. 

Marzuki Santoso salah satu ketua kelompok Tani Aren, yang ikut menerima bantuan bibit pohon Aren dari PT. Mitra Tani Dua Tujuh mengaku senang adanya bantuan ini, terlebih saat ini pihaknya baru memiliki 10 tanaman pohon Aren. 

"Ya senang dapat bantuan, karena kelompok kami saat ini baru memiliki 10 pohon, selain itu, bantuan bibit Aren dari Mitra Tani ini juga dibarengi dengan seminar dan pelatihan bagaimana budidaya pohon Aren bisa meningkat bahkan sampai pada pemasarannya," pungkas Marzuki. (red)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper