Peresmian Labkesda, Kadinkes Akui Peralatan Yang Dimiliki Belum Lengkap

Peresmian gedung Laboratorium Kesegatan Daerah milik pemkab Sidoarjo dengan pengguntingan pita Sekda Andjar, Ketua DPRD Usman serta Forkopimda. (Ist)
Peresmian gedung Laboratorium Kesegatan Daerah milik pemkab Sidoarjo dengan pengguntingan pita Sekda Andjar, Ketua DPRD Usman serta Forkopimda. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id - Saat ini Kabupaten Sidoarjo telah memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah sendiri. Lokasinya berada di Jalan A. Yani Gedangan Nomor 330 Kecamatan Gedangan.

Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sidoarjo itu sebelumnya adalah Puskesmas Gedangan yang kini pindah di Jalan Jenggala No. 74 Gedangan.

Pagi tadi, Selasa, (6/2), tasyakuran Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Lakesda) Kabupaten Sidoarjo itu dilakukan.

Sebelumnya gedung Lakesda Kabupaten Sidoarjo itu telah diresmikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersamaan dengan peresmian Gedung Pusat Terpadu dan Gedung Laboratorium RSUD Sidoarjo pada bulan Januari kemarin.

Dalam tasyakuran Lakesda Kabupaten Sidoarjo itu dihadiri Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, kepada OPD Sidoarjo, direktur RSUD Sidoarjo dan RSUD Sidoarjo Barat serta seluruh kepala Puskesmas.

Selain itu juga dihadiri pimpinan perusahaan. Potong tumpeng dan pengguntingan pita menandai beroperasinya Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sidoarjo dilakukan Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto. 

Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto mengatakan keberadaan Lakesda Kabupaten Sidoarjo menjadi bagian peningkatan pelayanan kesehatan. Oleh karenanya ia berharap keberadaannya akan menunjang pelayanan kesehatan preventif dan promotif.

“Upaya promotif dan preventif mari kita coba fokuskan karena lebih baik menjaga kesehatan dari pada menyembuhkan,” ucapnya.

Andjar Surjadianto mengatakan upaya promotif dan preventif saat ini bukan menjadi isu besar. Namun menguatkan upaya promotif dan preventif penting dilakukan. Pasalnya lebih baik mencegah dari pada mengobati lebih utama dalam kesehatan. 

“Bergaya hidup sehat, berprilaku hidup sehat ini penting karena dalam kesehatan itu lebih baik mencegah dari pada mengobati,”ucapnya. 

Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto juga berharap Lakesda Kabupaten Sidoarjo dapat terus meningkatkan pelayanannya. Ia juga berharap keberadaan Lakesda Sidoarjo tidak hanya bermanfaat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Namun juga mampu memberikan PAD Kabupaten Sidoarjo.

“Saya tadi berkomunikasi dengan Direktur PDAM Delta Tirta kalau setiap memeriksakan kualitas air nya ke Surabaya, dan di sana (Surabaya) juga mendapatkan diskon, kira-kira kalau di sini (Lakesda Kabupaten Sidoarjo) sudah tercukupi alatnya apakah kita bisa bersaing dengannya, peluang seperti ini yang harus kita tangkap,”pungkasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati mengatakan keberadaan Lakesda Kabupaten Sidoarjo akan mengimbangi upaya promotif dan preventif kesehatan.

Dikatakannya layanan Lakesda Kabupaten Sidoarjo saat ini masih sebatas pemeriksaan lingkungan. Terdapat tiga layanan pemeriksaan lingkungan yang sudah bisa dilakukan. Yakni pemeriksaan mikrobiologi kesehatan lingkungan, pemeriksaan fisika kimia air bersih dan pemeriksaan kimia makanan minuman.

“Kenapa hari ini kami juga hadirkan rumah sakit dan perusahaan, setidaknya akan tahu kalau Lakesda Sidoarjo melakukan pemeriksaan-pemeriksaan ini sehingga kami mohon pemeriksaannya nanti tidak usah jauh-jauh,”ucapnya.

Fenny Apridawati mengakui peralatan yang dimiliki Lakesda Sidoarjo saat ini masih belum lengkap. Terutama pemeriksaan medis atau pemeriksaan klinis.

Upaya untuk mencukupi peralatan tersebut telah dilakukan dengan berkirim surat ke Kementerian Kesehatan. 

“Mulai 2023 lalu kami sudah bermohon kepada Kementerian Kesehatan untuk usulan hibah peralatan kecukupan Lakesda baik untuk pemeriksaan medis maupun kesehatan lingkungan, namun sampai hari ini kita masih menunggu,”ujarnya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper