Bupati Ikfina Serahkan Bantuan Kendaraan Pengangkut Sampah, Upaya Urai Permukiman Kumuh

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan alat pemadam api ringan selain kendaraan pengangkut sampah kepada Dusun Terusan Desa Terusan - Gedeg. (ist)
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan alat pemadam api ringan selain kendaraan pengangkut sampah kepada Dusun Terusan Desa Terusan - Gedeg. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemukiman yang kumuh masih menjadi salah faktor rendahnya derajat kesehatan masyarakat.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan bantuan hibah kendaraan bermotor pengangkut sampah serta alat pemadam api ringan kepada Desa Terusan Kecamatan Gedeg pada Jumat (19/1).

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pada pemukiman kumuh yang ada di Dusun Terusan Desa Terusan Kecamatan Gedeg.

Sedangkan bantuan hibah ini bersumber dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto tahun anggaran 2023.

Bupati Ikfina serahkan secara simbolis kunci kendaraan bermotor pengangkut sampah. (ist)

Banyak bangunan yang tidak teratur sekaligus juga tidak layak huni tingkat kepadatan bangunan yang tinggi serta minimalnya sarana dan prasarana membuat pemukiman ini kumuh.

Mengingat permasalahan pemukiman ini sangat kompleks maka tindak pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman perlu perhatian dan kolaborasi berbagai pihak. 

"Untuk itu saya minta ibu-ibu PKK memotori warga lainnya untuk bisa memilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah. Bagaimana memilah sampah organik untuk dijadikan pupuk dan untuk sampah non organik bisa diangkut dengan kendaraan sampah. Dengan demikian sampah diambil manfaatnya sampah yang bisa diolah biar tidak semuanya jadi sumber sampah di wilayah pemukiman ini," tegas Bupati Ikfina di balai dusun Terusan, Desa Terusan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. 

Sebagai informasi pada kegiatan tersebut turut hadir Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Kepala DLH Kabupaten Mojokerto, Forkopimca Gedeg serta Kepala Desa Terusan. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper