Kota Mojokerto Songsong Smart City, Usai Raih Nilai Tertinggi Dalam Evaluasi

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro meninjau layanan Siti Pinter di Telecenter Palapa, MPP Gajah Mada. (ist)
Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro meninjau layanan Siti Pinter di Telecenter Palapa, MPP Gajah Mada. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Lagi dan lagi Kota Mojokerto memperoleh penilaian tertinggi, kali ini dalam evaluasi tahap 2 tahun 2023 dengan nilai 3,58 diantara 50 Kabupaten/ Kota yang mengikuti pendampingan di tahun 2022. Hasil ini menunjukkan komitmen serius Kota Mojokerto dalam mengembangkan konsep Kota Cerdas (Smart City) Layanan Publik. 

Yang dimaksud Kota Cerdas disini adalah dengan adanya pengembangan berbagai inovasi demi menghadirkan tata kelola berbasis digital yang serba cepat, transparan, akuntabel, efektif dan efisien. Salah satu penunjang terbesarnya dalam pelaksanaan Smart City adalah terpasangnya Wi-Fi gratis di 280 titik di seluruh wilayah Kota Mojokerto baik itu di kantor-kantor pemerintahan, balai RT/RW serta fasilitas umum lainnya. 

"Karena untuk bisa masuk ke dunia digitalisasi harus tersambung dengan internet. Akan tetapi akses Internet gratis ini juga harus diimbangi dengan skill literasi digital. Oleh sebab itu Pemkot Mojokerto juga meluncurkan program 'Siti Pinter', Sinau Teknologi Informasi Programe Telecenter, ungkap mas Pj Wali sapaan akrab dari Ali Kuncoro.

Program Siti Pintar ini bisa diakses dengan datang ke Telecenter Palapa MPP Gajah Mada lantai dua. Masyarakat bisa belajar basic internet disana,.misal membuat blog, desain grafis, video editing dan toko online. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto juga menyediakan Telecenter Mobile dimana pengajar Telecenter yang mendatangi masyarakat, kelompok masyarakat ataupun ke sekolah-sekolah. 

Salah satu proyek strategis, Taman Bahari Majapahit di sekitar jembatan Rejoto, tak.luput dari peninjauan mas Pj Wali. (ist)

Selanjutnya Pemkot tentu juga memanfaatkan sistem teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik di berbagai bidang. Setidaknya ada 176 inovasi di tahun 2023 yang 109 inovasi diantaranya berupa aplikasi digital. 

Bukan hanya tata kelola pemerintahan dan layanan masyarakat yang kian dekat dengan digitalisasi, tatanan Kota Cerdas juga memperhatikan penataan lingkungan hidup dan infrastruktur yang mendukung terciptanya lingkungan hidup yang sehat, bersih juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat. Oleh sebab itu Pemkot Mojokerto merenovasi sejumlah objek seperti GOR A Yani, trotoar dan menambah beberapa ruang terbuka hijau. 

"Semakin banyak kalau kita perhatikan orang yang datang ke GOR untuk sekedar lari pagi dan olahraga permainan setelah kita revitalisasi. Maka kedepan tempat-tempat tersebut akan kita sediakan lapangan volley dan basket. Karena lifestyle masyarakat juga berubah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan rasa bahagia. Nah disini ini pemerintah wajib hadir," papar mas Pj.

Ternyata usaha meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Mojokerto membawa hasil dan terbukti sesuai data yang dirilis oleh BPS Kota Mojokerto, angka harapan hidup terus meningkat dari 72,73 tahun di 2022 dan menjadi 74,10 tahun di 2023.

Pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Mojokerto ini berlandaskan semangat pelestarian budaya lokal. Disini dapat dilihat dari setiap pembangunan baik berupa bangunan, jalan, jembatan maupun trotoar dan sarana penerangan dipercantik dengan ornamen khas Majapahit. 

Pembangunan mega proyek pun tidak lepas dari sentuhan khas Majapahit seperti Taman Bahari Majapahit di Kelurahan Pulorejo. Mega proyek yang satu ini diproyeksikan mampu menjadi motor penggerak ekonomi warga.

"Selain mengedepankan nuansa Majapahit yang perlu kita jadikan inspirasi yaitu nilai-nilai yang masih relevan dengan kehidupan saat ini adalah bagaimana dulu Mahapatih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya. Dengan semangat persatuan dan kesatuan senantiasa bersinergi membangun Kota Mojokerto ini agar lebih maju dan sejahtera masyarakatnya," pungkasnya.  (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper