Sidak Kantor Kecamatan dan Puskesmas, Bupati Mojokerto Pastikan Pelayanan Publik Normal Pasca Liburan Tahun Baru 2024

Bupati Ikfina saat sidak di Puskesmas Jetis pasca liburan Tahun Baru 2024. (ist)
Bupati Ikfina saat sidak di Puskesmas Jetis pasca liburan Tahun Baru 2024. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pasca liburan tahun baru 2024 Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati tidak ingin palayanan publik terganggu dengan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Puskesmas Jetis dan Kantor Kecamatan Kemlagi pada Selasa (2/1/2024) pagi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan unit-unit pelayanan publik di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto berjalan baik dan lancar meskipun itu hari pertama kerja di tahun 2024.

Sidak yang dilakukan oleh Bupati Ikfina ini menyasar unit-unit pelayanan di utara sungai Brantas, diantaranya Puskesmas Jetis dan Kantor Kecamatan Kemlagi. Bupati Ikfina juga mengungkapkan pemantauan tersebut sebagai bahan evaluasi terhadap beberapa kendala yang mungkin dihadapi selama tahun 2023.

Bupati Ikfina juga menekankan serta menginstruksikan apa saja yang harus dibenahi mesti harus diperbaiki dimulai hari ini, karena Bupati Ikfina menginginkan semua indikator kinerja dapat tercapai sesuai target.

"Saya turun langsung untuk mengecek secara sampling titik-titik pelayanan masyarakat terutama bidang kesehatan ada evaluasi besar. Nanti akan kita laksanakan dengan RSUD, Labkesda karena banyak masukan-masukan yang saya terima. Sekali lagi saya minta tetap fokus pada pelayanan agar lebih baik lagi karena tahun ini banyak sekali tantangannya," ujar Bupati Ikfina.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto yang juga orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini menambahkan kalau bidang kesehatan merupakan prioritas utama di tahun 2024 ini. Hal tersebut sejalan dengan target program bapak presiden RI Joko Widodo yaitu menghilangkan kasus stunting dari negara Indonesia. 

"Upaya penurunan stunting ini tidak berdiri sendiri. Karena bukan hanya menangani bayinya, tapi mulai sejak ibu hamil bahkan pasangan usia subur juga turut digarap selain masalah kebutuhan air bersih dan kelayakan rumah tempat tinggal. Pendeknya harus menyeluruh kalau ingin menurunkan angka stunting, maka saya mohon kita harus lebih profesional lagi dan memenuhi target," tegas Ikfina. 

Bupati Ikfina berfoto bersama dengan jajaran perangkat Kecamatan Kemlagi seusai Sidak. (ist)

Pada kesempatan meninjau Kantor Kecamatan Kemlagi, Bupati Ikfina sangat mengapresiasi Kecamatan Kemlagi karena mampu melaksanakan program-programnya dan merealisasikan anggaran lebih dari 90 persen.

"Memang saya yang minta untuk dilakukan evaluasi kinerja tahun 2023. Serta ketepatan capaian-capaian dan permasalahan yang dihadapi supaya bisa dijadikan dasar perencanaan untuk tahun 2024. Dan Kecamatan Kemlagi telah saya periksa, capaian serapannya sudah diatas 95%, bahkan ini melampaui serapan yang dilaksanakan Kabupaten," bebernya.

Bupati Ikfina juga menghimbau agar Kecamatan Kemlagi terus mengerjakan kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi program dan tanggung jawabnya meskipun sudah habis anggarannya. 

Terkait penyerapan anggaran yang lebih dari 90 persen, Camat Kemlagi Tri Cahyono Harianto menjelaskan bahwa di Kecamatan Kemlagi bisa maksimal berkat kecermatan perencanaan, kerja sama dan komitmen seluruh pegawai sehingga anggaran bisa diserap secara maksimal. 

"Pejabat-pejabat disini baru-baru tapi karena mereka rata-rata dari dinas, sehingga bisa dengan mudah menyesuaikan di kecamatan," beber Tri.

Selanjutnya Tri Cahyono juga mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh perangkat di kecamatan Kemlagi tahun 2023 ini, ia juga berpesan agar seluruh perangkat bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai program kerja yang sudah disusun dengan anggaran kas. 

"Kerena tahun 2024 ini tahun politik dan kita semua sudah teken pakta integritas maka tolong dijaga netralitas ASN," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper