Pedang Pora Iringi Bhayangkara Purnabakti Polresta Banyuwangi

Kompol (purn) Agung Setyo Budi beserta ibu mendapatkan penghormatan pedang pora, purnabakti dalam jabatan terakhirnya sebagai Kapolsek Genteng. (foto/ irawan)
Kompol (purn) Agung Setyo Budi beserta ibu mendapatkan penghormatan pedang pora, purnabakti dalam jabatan terakhirnya sebagai Kapolsek Genteng. (foto/ irawan)
b-news.id leaderboard

BANYUWANGI | B-news.id - Kapolresta Banyuwangi Kombespol Deddy Foury Millewa, memimpin langsung gelar serah terima jabatan (Sertijab) tiga Kasat dan tiga Kapolsek di lingkungan Polresta Banyuwangi, Selasa (2/1/2024).

Kegiatan yang digelar di Lapangan Apel Polresta Banyuwangi tersebut, selanjutnya dirangkai dengan upacara wisuda purnabakti 7 anggota personel yang telah memasuki masa pensiun.

Dalam sertijab tersebut, Kompol Agus Sobarnapraja digantikan oleh Kompol Andrew Vega sebagai Kasatreskrim, dan AKP Bambang Agus Tri Basuki sebagai Kasat intelkam menggantikan Kompol (purn) Edy Sudarto yang per 1 Desember 2023 memasuki masa purnabakti.

Selain daripada itu, Kompol Mahsyur Ade digantikan oleh AKP I Nyoman Ardita sebagai Kasat Polairud Polresta Banyuwangi, sementara tiga jabatan Kapolsek jajaran Polresta Banyuwangi pun mengalami rotasi jabatan.

Di antaranya, AKP Setyo Widodo menjabat sebagai Kapolsek Genteng dari sebelumnya menjabat Kapolsek Licin, sedang posisinya digantikan oleh Kapolsek Srono, AKP Achmad Junaedi, dan AKP Hendry Christianto mengisi jabatan sebagai Kapolsek Srono.

Upacara yang dihadiri oleh Wakapolresta AKBP Dewa Putu Darmawan, Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran Polresta, para Kasi dan Perwira serta ibu Bhayangkari Polresta Banyuwangi itu seketika berubah menjadi begitu khidmat.

Mutasi sejumlah Kasat dan Kapolsek di Jajaran Polresta Banyuwangi digelar di Lapangan Apel Polresta Banyuwangi, Selasa (2/1/2024) pagi. (foto/ irawan) 

Suasana Sakral terasa manakala satu persatu dari ketujuh nama personel purnabakti jajaran Polresta Banyuwangi dibacakan, dan melewati Gapura pedang atau Pedang pora tanda penghormatan sebelum kembali ke masyarakat.

Dua diantaranya adalah Kompol (purn) Agung Setyo Budi yang mengakhiri purna tugasnya dengan jabatan terakhir sebagai Kapolsek Genteng, dan Kompol (purn) Edy Sudarto, purna tugas dengan jabatan terakhirnya sebagai Kasat Intelkam Polresta Banyuwangi.

"Sebelum menjadi warga sipil, para Bhayangkara ini adalah pahlawan, untuk itulah diberikan penghormatan dengan menjalani upacara wisuda purna tugas," ujar Kombespol Deddy pada B-news.id

Lebih lanjut Kapolresta Banyuwangi juga menegaskan rotasi dan mutasi jabatan ditubuh institusi Polri adalah hal yang biasa, terlebih Kombespol Deddy menugaskan kepada seluruh Kapolsek jajaran fokus pengamanan Pemilu 2024 dan menjaga Harkamtibmas.

"Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri, pergantian kepada personel memasuki masa purna bakti, lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu 2024 serta menjaga harkamtibmas,” pungkasnya. (irawan)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper