Indonesia Emas 2045, Mas Pj : Kuncinya SDM Guru Jadi Penentu Kualitas SDM Anak Bangsa

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro bertemu sapa dengan kepala sekolah dan perwakilan guru di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. (ist)
Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro bertemu sapa dengan kepala sekolah dan perwakilan guru di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pendidikan di Kota Mojokerto memang termasuk salah satu yang terbaik Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur bahkan Indonesia, hal ini tak lepas dari kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto terhadap dunia pendidikan.

Wajib belajar 12 tahun yang dicanangkan sejak satu dekade membawa dampak yang signifikan. Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro punya perhatian yang sama dengan menyempatkan diri bertemu sapa dengan kepala sekolah dan perwakilan guru se-Kota Mojokerto di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto pada Jumat (29/12).

Dalam kesempatan tersebut sosok yang akrab disapa Mas Pj tersebut meminta bagaimana kualitas pendidikan di Kota Mojokerto bisa terus ditingkatkan melalui kurikulum Merdeka Belajar. 

Menurut Ali Kuncoro saat bertatap muka dengan kepala sekolah dan perwakilan guru ini mengatakan, harapan lama sekolah di Kota Mojokerto saat ini 14,4 tahun atau setara dengan diploma 2. Untuk itu ia meminta agar ditingkatkan menjadi diploma 3 bahkan diploma 4 atau S1.

Memang hal ini bukan pekerjaan yang mudah namun Ali Kuncoro yakin hal tersebut bukan "mission imposible" jika bergerak bersama antara pemerintah dan tenaga pendidik. 

"Kita tau kalau 2045 atau Indonesia Emas sudah didepan mata dan kata Kuncinya untuk kesana adalah sumber Daya Manusia (SDM). Dan kita amini bersama bahwa yang paling bertanggung jawab terhadap kualitas SDM adalah guru," papar Ali.

Foto bersama Kepala Sekolah, Guru dengan Mas Pj Wali Kota. (ist)

Sekarang ini dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat dan masif. Maka sudah barang tentu mengharuskan tenaga pendidik untuk terus beradaptasi menyiapkan diri menghadapi berbagai tantangan kedepan yang semakin dinamis. 

"Maka jika kita tidak bisa menyiapkan anak didik kita dengan skill yang luar biasa, tentu anak-anak kita akan kesulitan menghadapi tantangan kedepan yang semakin dinamis dan keras," imbuhnya. 

Selanjutnya ia juga mengatakan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, pendidikan karakter juga menjadi salah satu pilar yang harus diperkuat dan ditanamkan sejak dini. 

"Dewasa ini banyak sekali tindakan yang sama sekali tidak mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, aksi bullying, ketidaksopanan didepan mata kita. Dan ini menjadi tugas kita bersama menanamkan pendidikan karakter sejak dini kepada anak-anak kita," tegasnya. 

Diakhir arahannya Ali Kuncoro mengajak seluruh tenaga pendidik menyiapkan generasi emas menuju Indonesia Emas 2045 sebab jika tidak dipersiapkan dengan baik sebaliknya akan menjadi beban negara. 

"Mari kita bergerak bersama-sama untuk melahirkan generasi emas dan menyiapkan generasi emas Kota Mojokerto menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper