Dinas Peternakan Sidoarjo Beri Bantuan Peternak Menthog Kepada Warga Desa Tenggulunan Candi

Dinas Peternakan Kabupaten Sidoarjo saat memberikan bantuan peternak Menthok warga, Tenggulunan Candi. (Ist)
Dinas Peternakan Kabupaten Sidoarjo saat memberikan bantuan peternak Menthok warga, Tenggulunan Candi. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news.id Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo berikan tiga ekor Menthog (cairina moschata-latin red) kepada 75 orang warga Desa Tenggulunan, Kecamatan Candi (27/12).

Menurut Kepala Desa Tenggulunan, M. Idhom, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program ketahanan pangan mengingat areal persawahan di desa Tenggulunan nyaris tidak ada sama sekali.

 “Desa Tenggulunan mendapatkan bantuan sebanyak 3 ekor menthog kepada 75 orang calon peternak yang diambil tiga orang dari tiap RT, hal ini sangatlah tepat, mengingat lahan persawahan di desa kami sudah hampir tidak ada, sehingga dengan adanya bantuan ini, masyarakat di desa kami akan mengembangkan menthog tersebut agar bisa menjadi penghasilan tambahan,” harap Idhom.

 Fanda Fristiani A.Md, bagian seksi Pengelola Peternakan Dinas Peternakan Kabupaten Sidoarjo mengatakan, menthog memiliki keistimewaan, dimana pemeliharaannya tidak begitu sulit serta nilai jualnya yang cukup tinggi di pasaran.

“Selama ini para peternak termarjinalkan, namun ini adalah sebuah awal kebangkitan ekonomi dimana jenis unggas menthog memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya tahan terhadap penyakit, pemberian pakannya murah dan mudah, namun diupayakan tetap berada di dalam kandang dan jangan sampai berkeliaran mengotori rumah tetangga, serta nilai jualnya yang tinggi, terlebih menjelang tahun baru seperti saat ini,” kata Fanda.

 Untuk meyakinkan para peserta pelatihan, Dinas Peternakan menghadirkan narasumber Pak Eko seorang peternak Menthog yang sukses dari Kabupaten Kediri.

 “Nilai jual Mentog sangatlah tinggi, terutama menjelang hari perayaan agama dan tahun baru, dan pemeliharaannya tidak sulit dan punya nilai jual di pasaran,” ujarnya. (rizki)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper