'Ngopi' Bareng Ikfina, Katar Jadi Penentu Bonus Demografi Tahun 2035

Bupati Ikfina saat memberikan sambutan dan arahannya pada karang taruna. (ist)
Bupati Ikfina saat memberikan sambutan dan arahannya pada karang taruna. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemuda adalah masa depan bangsa, maka tidak salah kalau Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak Ngobrol Pintar (Ngopi) Karang Taruna di Pendopo Graha Maja Tama pada Jumat (29/12) siang.

"Kalau menilik data BPS di tahun 2023 ini jumlah usia produktif semakin menyusut, dibanding dengan usia yang belum produktif (pemuda). Maka ketika jumlah pemuda ini lebih banyak, ini harus bisa dimanfaatkan secara positif," terang Bupati Ikfina dalam acara tersebut. 

Selanjutnya ia juga mengatakan, peran pemuda saat ini adalah salah satu penentu dampak positif atau negatif pada bonus demografi. 

Ngobrol Pintar (Ngopi) ala Ikfina bersama Karang Taruna Kabupaten Mojokerto. (ist)

"Karena pemuda yang mandiri dan kreatif maka pemerintah akan lebih mudah untuk mengajak dan memfasilitasi bagaimana bonus demografi ini bisa membawa manfaat kepada masyarakat lingkungan sekitar," tambahnya. 

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto yang sekaligus orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini juga berharap bonus demografi yang ada bisa membawa dampak yang positif terhadap masyarakat. Mengingat karang taruna di tahun 2023 ini merupakan bagian yang dominan dari angkatan kerja produktif. 

"Jadi bagaimana bonus demografi yang kita miliki ini bisa membawa manfaat positif dan produktif, bukan sebaliknya menjadi beban bagi negara. Untuk itu pengembangan sumber daya manusia yang unggul menjadi keharusan sehingga pada muaranya melahirkan pemuda yang benar-benar produktif," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper