Buka Gelar Ajar Pembina Pramuka, Wabup Fokuskan Lima Program Utama Gresik

Wabup Gresik Aminatun Habibah saat menghadiri Kegiatan pembina pramuka  (ist)
Wabup Gresik Aminatun Habibah saat menghadiri Kegiatan pembina pramuka (ist)
b-news.id leaderboard

GRESIK | B-news.id - Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, membuka kegiatan Gelang Ajar Pembina Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gresik, Rabu (27/12). Pada agenda tersebut, wabup menyampaikan lima program utama sebagai acuan dalam pelatihan.

"Pramuka ini menjadi sumber mencetak SDM yang unggul. Maka nanti pembinaan akan disesuaikan dengan program Pemerintah Kabupaten Gresik yang mengutamakan 5 hal. Yaitu penurunan angka kemiskinan, meminimalisir banjir, mengurangi sampah, pembangunan infrastruktur, dan pendidikan," ujar wabup yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Gresik itu.

Dalam menurunkan angka kemiskinan, wabup yang akrab disapa Kakak Aminatun mengharapkan agar nanti dapat tercipta program keterampilan yang menghasilkan untuk generasi muda Pramuka.

Terkait banjir, Kakak Aminatun terus mendorong agar para pembina dapat memberikan pengertian kepada Pramuka muda perihal kebersihan lingkungan, terutama pengendalian sampah. Dikarenakan sampah berpotensi menutup selokan dan menciptakan banjir.

"Maka nanti kakak-kakak pembina bisa menyampaikan kepada adik-adik kita bagaimana mengurangi sampah yang berpotensi menutup selokan. Mari kita bergerak bersama-sama karena ini tidak hanya tugas dari pemerintah saja tapi juga tugas kita semua," ucapnya.

Lakukan foto bersama. (Ist) 

Lebih lanjut, menurutnya pembangunan infrastruktur saat ini telah berjalan dengan baik. Untuk itu, diharapkan agar dapat dirawat bersama sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Mengenai program unggulan pendidikan, Kakak Aminatun berharap melalui Pramuka dapat meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Gresik.

"Saat ini IPM kita merupakan nomer 2 se Jawa Timur. Target kedepan dapat meningkat di angka 8," ungkapnya.

Perlu diketahui, agenda Gelang Ajar ini dilaksanakan di Gedung Kwarcab Gresik selama 2 hari, dari tanggal 27-28 Desember 2023. Diikuti oleh 125 peserta yang merupakan pembina Pramuka dari seluruh Kabupaten Gresik termasuk Bawean.

Forum ini menjadi salah satu pertemuan dari pembina Pramuka se Kabupaten Gresik. Mereka akan saling berbagi pengetahuan satu sama lain terkait apa saja yang diperlukan untuk pembinaan Pramuka.

Goalnya untuk mencetak pembina Pramuka yang berkarakter, produktif, dan berdampak untuk masyarakat.

Turut menghadiri pembukaan Gelang Ajar kali ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Gresik, Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, perwakilan dari Kemenang, PKK, dan Dharmawanita Gresik, dan Majelis Pembimbing Pramuka Gresik. (ali)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper