Forkopimda dan Seluruh Jajaran Pemkab Mojokerto Ikuti Upacara Peringatan Hari Ibu Serta HBN 2023

Bupati Ikfina bersama Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra sekalian serta jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto. (ist)
Bupati Ikfina bersama Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra sekalian serta jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar upacara peringatan Hari Ibu Ke-95 dan Hari Bela Negara (HBN) Ke-75 tahun 2023 di halaman Pemkab Mojokerto, Jumat (22/12) pagi. Dalam acara tersebut Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bertindak sebagai inspektur upacara. 

Peserta upacara Hari Ibu dan HBN ini mengenakan pakaian adat atau berkebaya. Selain Bupati Ikfina turut hadir pula Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para Asisten dan Staf Ahli, seluruh Kepala OPD dilingkup Pemkab Mojokerto, Direktur BUMD, Camat Se-Kabupaten Mojokerto. 

Bupati Ikfina dalam sambutannya mengatakan pada peringatan hari ibu ini bangsa Indonesia sejatinya dibangun dari perjuangan para perempuan yang tidak pernah lekang semangatnya untuk kehidupan yang lebih baik bagi penerusnya.

"Kalau kita mau jujur tak terbilang pahlawan perempuan yang namanya tetap harum hingga kini dan menjadi inspirasi bagi kita semua," ujar Ikfina. 

Bupati Ikfina juga mengungkapkan bahwa perjuangan gerakan perempuan ini membawa keyakinan baru bagi perempuan-perempuan Indonesia bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan akan mengantarkan mereka untuk dapat berjalan bersama-sama serta menjemput kesempatan yang sama bahwa ruang untuk berkontribusi adalah milik semua. 

"Nah keyakinan ini tentunya sangat esensial bagi kemajuan bangsa Indonesia. Karena perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Maka dari itu kemajuan perempuan dan partisipasi perempuan akan sangat menentukan kemajuan dalam pembangunan di Indonesia," tambahnya. 

Bupati Ikfina bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Ibu Ke-95 dan HBN Ke-75 di halaman Pemkab Mojokerto. (ist)

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini juga menilai pergerakan perempuan dalam pembangunan tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, akademisi, profesional, dunia usaha, media massa maupun masyarakat. 

Melalui momentum hari ibu yang sekaligus juga hari bela negara bisa dijadikan untuk mempersatukan semua elemen yang ada untuk mencapai Indonesia maju melalui prinsip-prinsip equal, partnership yaitu prinsip yang mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan9 beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama mengambil peran dalam membangun bangsa.

"Selamat Hari Ibu Ke-95 tahun 2023, mari terus berkarya menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas serta kapabilitas diri, sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar untuk mensejahterakan semua," ucapnya. 

Sementara itu terkait peringatan HBN Ke-75 tahun 2023, Bupati Ikfina menjelaskan bahwa tantangan kedepan semakin tidak terduga, bukan hanya menghadapi ancaman fisik akan tetapi juga ancaman tidak kasat mata seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi sampai krisis iklim, telah membawa dampak ketahanan pangan dan ketahanan negara.

"Kita harus memiliki rasa cinta tanah air dan jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," tuturnya.

Bupati Ikfina juga mengungkapkan bahwa semangat bela negara bukan hanya kewajiban aparat pertahanan tapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat. Hal tersebut sebagai tugas bersama dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Yang dimaksud bela negara Indonesia disini bukan hanya terkait aspek militer tetapi lebih luas lagi. Merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, setiap tindakan sekecil apapun dilandasi cinta bangsa dan negara, cinta Pancasila dan NKRI adalah wujud kongkrit bela negara," ucapnya.

Bupati Ikfina juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan rasa cinta tanah air. 

"Semoga Allah swt senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejahtera. Semangat Hari Bela Negara Ke-75, kobarkan bela negara untuk Indonesia Maju," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper