Serapan Program RT Keren di Kelurahan Tlumpu Kota Blitar Capai 100 Persen

Kepala Kelurahan Tlumpu Kota, Blitar, Negeri. (Ist)
Kepala Kelurahan Tlumpu Kota, Blitar, Negeri. (Ist)
b-news.id leaderboard

BLITAR | B-news.id - Realisasi Program RT Tahun 2023 di wilayah Kelurahan Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar sudah rampung 100 persen.

Muheni Kepala Kelurahan Tlumpu menyampaikan bahwa di wilayahnya ada 4 RW dan 16 RT dengan empat pokmas. Masing - masing RW mempunyai pokmas sendiri.

"Program RT keren kemarin itu ada yang masuk PAK yaitu dua titik. Tapi alhamdulillah sekarang sudah selesai sehingga keseluruhan sudah mencapai 100 persen," tutur Muheni saat diwawancarai awak media, Rabu 13 Desember 2023 diruang kerjanya Kantor Kelurahan Tlumpu Kota Blitar.

Dikatakan Muheni, karena ada dua titik yang harus dirubah. Hal ini terkait adanya pengajuan pembuatan dumpal dan pembangunan gapura diaturannya tahun ini sudah tidak diperbolehkan.

Untuk itu, perubahan program pengajuan dari dumpal dan gapura menjadi pavingisasi dan penutupan saluran air masuk pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) P-APBD 2023 Kota Blitar.

"Kalau itu tadi fisik, kalau untuk non fisik ibu - ibu kebanyakan mengadakan pelatihan olahan makanan termasuk sirup jahe. Tapi ada juga pelatihan pembuatan batako, pelatihan batik dan juga pelatihan las. Namun semua itu masih tingkat dasar," ucapnya.

Lebih lanjut, Kalur Tlumpu, memaparkan untuk mengadakan pelatihan tingkat mahir, yang jelas anggarannya belum mencukupi. 

"Untuk program RT keren non fisik yang terus berkembang adalah batik. Di Ketapang sini bisa mengembangkan sendiri. Dari pelatihan yang tingkat dasar itu ditindak lanjuti sendiri, sekarang menjadi lebih berkembang," paparnya.

Produk - produk dari hasil pelatihan RT Keren, besok kita tampilkan semua di ajang RT Keren Award yang dilaksanakan di Pemkot Blitar, pada tanggal 15,16,17 Desember 2023, mendatang.

"Jadi dengan adanya Program RT Keren menambah income keluarga. Dengan begitu bisa menjadi sejahtera. Harapan kami, RT keren ini untuk kedepan masih terus ada.dan wargapun juga mengharapkan itu," pungkasnya.

Kegiatan PKK warga Tlumpu. (Ist

Ditempat terpisah, Jatmiko selaku Ketua RW 2, Kelurahan Tlumpu, kepada awak media mengatakan bahwa diwilayahnya ada empat RT yang dibawahi dan masing - masing RT menerima Rp.50 juta. 

"Kegiatan RT keren dilaksanakan oleh pokmas yang dibentuk oleh RW. Jadi apabila ada tokoh masyarakag yang berpotensi dalam bidang masing - masing akan kita rekrut," kata pak RT.

Jatmiko yang akrab disapa bang Miko ini menjelaskan bahwa baik RT maupun RW tidak ikut andil disitu tapi hanya memantau dan memberikan titik kegiatan yang menerima manfaat.

"Untuk titik kegiatan merujuk pada musrenbang 2022. Untuk kegiatan fisik mengadakan pembangunan pavingisasi. Dan itupun menyesuaikan dengan anggarannya. Namun demikian semuanya terealisasi dengan lancar dan baik," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa dilingkungannya untuk non fisik ada ibu - ibu PKK, Kelompok Wanita Tani (KWT) diberi peluang baru melalui program RT Keren.

"Untuk yang 30 persen digunakan sebagai pelatihan kripik nangka, pelatihan batik, pelatihan kripik buah Naga juga ada. Sirup dari buah naga juga ada. Insyaallah sudah berjalan dimana ada kegiatan kota Blitar bisa mengikuti, ada gebyar UMKM di Kecamatan, ibu - ibupun ikut andil didalamnya,' ungkap bang Miko.

"Jadi dampak positifnya dari program RT Keren banyak sekali, kalau fisik karena itu akses jalan yang sebelumnya masih berupa tanah otomatis dengan adanya pavingisasi menjadi nyaman dalam berkendara," kata Jatmiko mengahiri wawancara dengan awak media. (kmfkota/sms)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper