Meriah, Peringatan Hakordia di Bojonegoro

Puncak acara Hakordia di Kabupaten Bojonegoro meriah. (Ist)
Puncak acara Hakordia di Kabupaten Bojonegoro meriah. (Ist)
b-news.id leaderboard

BOJONEGORO | B-news.id - Rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Kabupaten Bojonegoro berlangsung meriah, Sabtu (9/12/2023) pagi.

Berbagai kegiatan ikut menyemarakkan acara dipusatkan di alun-alun Bojonegoro tersebut. Mulai dari jalan sehat, donor darah, cek kesehatan gratis, hingga pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba video dan poster Hakordia.

Dalam kegiatan ini, para peserta jalan sehat berkesempatan untuk merasakan sensasi foto 360° untuk memeriahkan Hakordia 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto dalam sambutannya mengatakan, dalam memperingati Hakordia, perlu komitmen dari pemerintah khususnya, Kabupaten Bojonegoro menghapus semua praktek pungli dan korupsi yang ada di Bojonegoro. Sehingga tidak ada praktik-praktik yang demikian.

Lebih lanjut, Pj Bupati Adriyanto menjelaskan kegiatan ini merupakan penguatan kembali komitmen Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Pihaknya berharap, komitmen ini bisa dilaksanakan secara baik.

“Ini membutuhkan partisipasi seluruh masyarakat Bojonegoro. Mari bersama mengawasi pemerintah, tingkatkan pelayanan dan aktif memberikan masukan pada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bagaimana melaksanakan tata kelola baik yang bersih dan amanah,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Pj Bupati berharap bisa memperkuat komitmen pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Agar masyarakat Bojonegoro semakin sehat, kuat dan bahagia.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Bojonegoro Teguh Prihandono menjelaskan, jalan sehat dalam rangka memperingati Hakordia 2023 ini mengambil tema ‘Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju.’

Hakordia, lanjut dia, diperingati setiap 9 Desember dalam rangka komitmen dunia dalam melawan korupsi. Hakordia ditetapkan PBB sejak tahun 2003. Hakordia telah menyatukan pandangan negara bahwa korupsi musuh bersama karena berdampak buruk dan mengakibatkan kesengsaraan masyarakat.

“Dengan tema ini menunjukkan peran serta kolaborasi sinergi seluruh elemen. Perwujudannya yang dilaksanakan di Bojonegoro melalui pendidikan, sosialisasi, penguatan pemahaman dan ditutup dengan jalan santai bersama,” ujarnya.

Hakordia tahun ini telah melakukan beberapa kegiatan termasuk lomba video tiktok yang diikuti 21 peserta, video orasi diikuti 20 peserta.

“Segala hadiah lomba doorprize tidak mengandung unsur suap maupun gratifikasi. Kami memperoleh secara resmi maupun sukarela dari BUMD dn perusahaan yang di Bojonegoro,” jelasnya. (za)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper