'Siap Ramah', Jadi Solusi Peningkatan Mutu Pelayanan RSUD Soekandar

Bupati Ikfina didampingi Kadinkes dan direktur RSUD Soekandar. (ist)
Bupati Ikfina didampingi Kadinkes dan direktur RSUD Soekandar. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan sistem aplikasi rawat luka di rumah (Siap Ramah) berbasis platform digital milik RSUD Prof.dr. Soekandar Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Terobosan ini dilakukan oleh RSUD Soekandar sebagai strategi peningkatan pelayanan perawatan pasien pasca operasi. 

Launching sistem aplikasi tersebut dilangsungkan di Command Center RSUD Prof.dr. Soekandar pada Selasa (28/11) pagi. Acara yang juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rochmad, Kepala BPKAD Kabupaten Mojokerto Mieke Juli Astutik, Ketua Dewan Pengawas Arief Alamsyah dan Direktur RSUD Prof.dr. Soekandar, dr. Djalu Naskutub.

Dalam laporannya direktur RSUD Prof.dr. Soekandar, dr. Djalu Naskutub menyampaikan bahwa aplikasi Siap Ramah ini sebagai langkah untuk memudahkan pasien bedah pasca operasi dalam mendapatkan perawatan di rumah. Sehingga pasien tidak perlu lagi datang ke rumah sakit serta dapat mengurangi infeksi setelah operasi. 

"Harus punya strategi, jadi pasca operasi, supaya tidak hilang pasiennya, kita ikuti kita deteksi sampai rumah. Kondisi pasien pasca operasi benar-benar terpantau. Sehingga pasien merasa puas karena merasa terlayani dengan baik dan terbantu terus dengan pelayanan RSUD Soekandar," ungkapnya. 

Bupati Ikfina menyaksikan Lounching sistem aplikasi Siap Ramah di Command Center RSUD Prof.dr Soekandar Mojosari. (ist)

Selanjutnya ia mengatakan bahwa aplikasi Siap Ramah telah menggunakan pembayaran non tunai, hal ini bisa meningkatkan pula transparansi di RSUD Prof.dr. Soekandar. 

"Dengan sistem non tunai teman-teman datang ke rumah pasien hanya merawat baik luka ringan, sedang maupun berat semua sudah ada tarifnya," paparnya. 

Ia juga menjelaskan sistem aplikasi Siap Ramah di tahun 2024 akan terus dikembangkan termasuk pemesanan ambulance.

Dikesempatan itu Bupati Ikfina sangat mengapresiasi atas dilaunchingnya sistem aplikasi Siap Ramah dapat meningkatkan kualitas pelayanan RSUD dr..Soekandar Mojosari. 

"Saya ikut merasa bangga, sekali lagi selamat atas dilaunchingnya "Siap Ramah" yang menjadi salah satu strategi RSUD Soekandar dalam meningkatkan pelayanan utamanya pasien pascah operasi. Semoga langkah ini bisa memberi kemanfaatan yang lebih basar, dan menjadi upaya meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap RSUD dr. Soekandar sebagai rumah sakit pemerintah yang benar-benar. melayani masyarakat," imbuhnya. 

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini juga menjelaskan sebagai ASN juga dituntut keluar dari zona nyaman, melayani sebatas kewajiban namun harus bersikap melayani sehingga dengan adanya aplikasi Siap Ramah akan sangat membantu pasien pasca operasi yang membutuhkan perawatan.

"Ini sebagai bentuk pelayanan yang menarik untuk pasien pasca operasi yang pastinya masih membutuhkan perawatan. Ini semua mudah-mudahan menjadi bagian peningkatan pelayanan rumah sakit terhadap masyarakat," harapnya.

Selain itu Bupati Ikfina mengimbau agar sebelum aplikasi ini dijalankan, RSUD Soekandar dapat memastikan para staf yang bertugas mengerti terkait pekerjaannya, pemetaan peta zona petugas dan pasien yang diprioritaskan.

"Pastikan semuanya sudah ready sebelum benar-benar jalan, setiap petugas yang terlibat mengerti posisi dan apa tanggung jawabnya," pungkasnya. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper