Gus Muhdlor : Kader Kesehatan Garda Terdepan Tangani Stunting

Gus Muhdlor menyampaikan paparannya di hadapan kader kesehatan di hotel Aston, Sidoarjo. (Ist)
Gus Muhdlor menyampaikan paparannya di hadapan kader kesehatan di hotel Aston, Sidoarjo. (Ist)
b-news.id leaderboard

SIDOARJO | B-news. id - Dalam rangka meningkatkan komitmen peran kader Kesehatan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan (angka kematian Bayi (AKB) serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Sidoarjo maka Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi percepatan penurunan AKI, AKB dan stunting.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama empat hari mulai Senin (27/11/2023) hingga Kamis (30/11/2023) di Aston Hotel Sidoarjo diikuti ratusan kader kesehatan seluruh kecamatan di Sidoarjo.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh Kader Kesehatan terdiri idari kader posyandu, kader trendi bumil (terampil deteksi dini ibu hamil resiko tinggi), kader KB, kader TB (Tuberkolosis), kader jumantik, kader jiwa, kader lansia, dan kader remaja serta bidan desa dan bidan puskesmas.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, ketua DPRD Sidoarjo, Usman, Kepala, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati, serta para nara sumber.

Gus Muhdlor menekankan pentingnya meningkatkan status gizi dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam rangka bersama-sama berkomitmen menurunkan AKI, AKB dan stunting.

“Untuk itu kita perlu merapatkan barisan. Upaya untuk mencegah kematian Ibu dan Bayi. Selain itu perlunya komitmen untuk menurunkan angka stunting,” kata Bupati Gus Muhdlor.

Kader Kesehatan tampak serius menyimak paparan yang disampaikan Bupati Gus Muhdlor. (Ist) 

Disampaikannya upaya penurunan AKI/AKB dan pencegahan tidak hanya menjadi perhatian pemerintah namun menjadi perhatian berbagai pihak khususnya kader Kesehatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Untuk itu, Bupati Gus Muhdlor menyampaikan agar seluruh kader Kesehatan berperan aktif menjadi provokator kesehatan dan harus banyak menggali ilmu serta memahami pelayanan Kesehatan khususnya untuk Kesehatan ibu, bayi dan balita.

"Seorang Bupati tidak akan mampu berjuang sendirian memajukan Sidoarjo, dan perlu campur tangan orang lain, seperti dalam hal penurunan stunting ini, kader kesehatan adalah garda terdepan dalam upaya menurunkan angka stunting di Sidoarjo," pungkasnya. (za) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper