Batal, Rekrutmen Pegawai Non ASN Outsourching

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Mojokerto. (ist)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pemkot Mojokerto batal merekrut pegawai non ASN melalui sistem penyedia jasa pihak ketiga (Outsourching) pada tahun 2024 mendatang. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menegaskan bahwa rencana pengadaan tenaga non ASN di lingkungan Pemkot Mojokerto. 

Hal tersebut disampaikan saat membacakan Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 dalam rapat paripurna DPRD Kota Mojokerto di Ruang Rapat Kantor DPRD Kota Mojokerto pada Kamis (23/11/2023) malam.

"Tetap sesuai dengan Anggaran 2023 lalu, pada Rancangan APBD TA 2024 untuk tenaga non ASN dan kontraknya dilakukan oleh Kepala OPD masing-masing, tidak menggunakan penyedia jasa tenaga kerja (outsourching)," ujar Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita ini. 

Sementara itu, sebagai pilot project diketahui puluhan tenaga non ASN di Bagian Umum Setdakot Mojokerto beberapa waktu yang lalu telah menandatangani kontrak sebagai tenaga outsourching, hal tersebut dipastikan tidak akan berlanjut tahun depan. 

"Dan bagi OPD yang sudah terlanjur melakukan kontrak dengan penyedia jasa tenaga kerja akan dikembalikan seperti semula," jelasnya.

Berdasarkan pada Bab XIII pasal 60 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN menyebutkan "Pegawai Non ASN atau nama lainnya wajib diselesaikan penataanya paling lambat Desember 2024. Sementara itu sampai saat ini belum ada regulasi yang mengaturnya.

"Maka dari itu di tahun 2024 Pemkot tetap akan memperkerjakan tenaga non ASN melalui kontrak perorangan seperti tahun-tahun sebelumnya sampai adanya Regulasi teknis yang mengatur penataan Pegawai Non ASN dari Kementrian yang berwewenang.

Selanjutnya untuk memastikan tidak ada spekulasi terkait masalah kebijakan tersebut, Pemkot juga telah mensosialisasikan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Gaguk Tri Prasetyo dengan mengundang Asisten, seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, tiga perwakilan non ASN dari masing-masing OPD dilingkup Pemkot Mojokerto, yang dilaksanakan di Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto pada Selasa (21/11/2923) yang lalu. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper