Tingkatkan Kapasitas Pol PP, Ning Ita : Trantibun Harus Dikuatkan

Wali Kota Mojokerto didampingi narsum dari SPN Polda Jatim dan Kasatpol PP saat memberikan pengarahan pada Peningkatan Kapasitas SDM Satpol PP.   (ist)
Wali Kota Mojokerto didampingi narsum dari SPN Polda Jatim dan Kasatpol PP saat memberikan pengarahan pada Peningkatan Kapasitas SDM Satpol PP. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kota (Pemkot Mojokerto) dengan organnya Satpol PP berharap sering dengan meningkatnya perekonomian di Kota Mojokerto, ketentraman dan ketertiban umum juga meningkat ini sebagai konsekuensinya. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menekankan agar rasa aman dan nyaman bagi warga yang tinggal di Kota Mojokerto dirasakan oleh seluruh masyarakatnya.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selaku penegak keamanan dan ketertiban serta sudah menjadi tugas dan fungsinya yaitu menciptakan rasa ketentraman dan ketertiban. 

"Sekarang ini Kota Mojokerto mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama ekonominya. Untuk itu Satpol PP harus bisa bersinergi dengan OPD lainnya dalam rangka menjaga iklim berusaha di Kota Mojokerto yang kondusif. Setiap orang yang berinvestasi menginginkan hal itu," ujar Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita ini saat memberikan pengarahan dalam Peningkatan Kapasitas SDM bagi anggota Satpol PP di Gedung Balai Diklat BKPSDM Kota Mojokerto, Rabu (22/11).

Peserta Peningkatan Kapasitas SDM bagi anggota Satpol PP. (ist)

Orang nomor satu dilingkup Pemkot Mojokerto ini mengatakan bahwa dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum salah satu tugas Satpol PP adalah legalitas usaha.

"Jadi memang tugas Satpol PP satu sisi adalah menjaga agar orang yang berinvestasi dan berusaha ini aman dan nyaman namun disatu sisi lainnya bagi yang berinvestasi tidak legal maka sudah menjadi kewajiban Satpol PP untuk menertibkan dan mengarahkan menjadi legal," tambah Ning Ita. 

Ning Ita juga berpesan dalam kesempatan tersebut agar monitoring dan evaluasi kepada anggota Satpol PP dilakukan secara berkala.

"Monev ini juga bisa dilakukan oleh internal Satpol PP supaya kinerja Satpol PP benar-benar optimal, bisa menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Mojokerto, masyarakat juga merasa terayomi, merasa apa yang menjadi hak mereka untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah kota Mojokerto juga mereka dapatkan," pungkasnya. 

Perlu diketahui Peningkatan Kapasitas SDM bagi anggota Satpol PP ini digelar selama.3 hari (21-23 Nopember 2023) dan diikuti juga 33 anggota Banpol dan Damkar serta dengan menggandeng narasumber tenaga pendidik dari SPN Polda Jatim. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper