Peringati Hari Pahlawan, Dandim 0815 M Iqbal Jadi Inspektur Upacara

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M Iqbal menjadi inspektur upacara pada upacara Hari Pahlawan di Halaman Pemkab Mojokerto. (ist)
Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf M Iqbal menjadi inspektur upacara pada upacara Hari Pahlawan di Halaman Pemkab Mojokerto. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 di Halaman Pemkab Mojokerto, Jumat (10/11) pagi. Betindak sebagai inspektur upacara Letkol Inf. M Iqbal Dandim 0815/ Mojokerto. 

Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini adalah "Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Kegiatan ini dihadiri juga Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Mojokerto Teguh Gunarko, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Mojokerto, jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, seluruh Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Mojokerto.

Dalam sambutannya Menteri Sosial RI yang dibacakan Dandim 0815 menyampaikan, terkait tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Maka mengingat bangsa Indonesia merupakan pasar potensial dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah serta kandungan bermacam mineral di dalam bumi Indonesia. 

"Selain kekayaan alam yang melimpah dan bonus demografi yang besar ini merupakan tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelolanya demi kejayaan dan kemakmuran bangsa dan negara," ucapnya. 

Pengibaran bendera Merah Putih dan tampak di belakang peserta upacara Hari Pahlawan 2023. (ist)

Iqbal juga mengatakan Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok atau individu.

"Kita mesti bangga karena bangsa kita bukan bangsa pecundang dan itu diajarkan oleh para pahlawan. Kita tidak pernah rela untuk bertekuk lutut menyerah kalah meskipun sebesar apapun ancaman dan tantangan yang kita hadapi, kita maju dengan tangan mengepal dan dada menggelora melawan musuh yang menghadang," jelasnya.

Selain itu, Iqbal juga mengungkapkan bahwa saat ini semangat untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya hampir di seluruh pelosok tanah air. 

Selanjutnya, semangat yang berasal dari nilai perjuangan para pahlawan bangsa di tahun 1945 yakni semangat pantang menyerah dan pasrah dengan keadaan akan tetapi semangat untuk bersatu untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan kehidupan yang lebih baik. 

"Mari bersama-sama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan makin sejahtera," pungkasnya. 

Selesai upacara, seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto melakukan ziarah kubur dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper