Festival Nasi Bakar Jadi Favorit Pekan Budaya Majapahit 2023

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau satu persatu stand di festival nasi bakar. (ist)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau satu persatu stand di festival nasi bakar. (ist)
b-news.id leaderboard

KOTA MOJOKERTO | B-news.id - Pekan Budaya Majapahit 2023 sebenarnya dalam rangka HUT Ke-78 Provinsi Jawa Timur dan ini merupakan kali pertama Kota Mojokerto jadi tuan rumah atau lokasi pekan budaya.

Demi menyemarakkan acara ini digelar festival nasi bakar yang diadakan di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto pada Jumat (10/11) sore.

Kegiatan ini berbarengan juga dengan Kirab Budaya. Seusai memberangkatkan rombongan kirab budaya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengunjungi stand-stand peserta Festival Nasi Bakar. Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini juga menyapa para peserta yang sedang memasak nasi bakar.

"Nasi Bakar ini merupakan salah satu warisan kuliner Majapahit, karena memanfaatkan rempah-rempah yang banyak tumbuh di bumi Majapahit. Makanan ini juga dikemas dengan menggunakan daun, sehingga ini menunjukkan khas kuliner tradisional yang sampai saat ini masih lestari," ujar Ning Ita. 

Ning Ita juga mengatakan Festival Nasi Bakar ini digelar dalam rangka meyemarakkan Pekan Budaya Majapahit 2023. "Festival Nasi Bakar ini diikuti 100 peserta dari berbagai kalangan masyarakat maupun instansi pemerintah," terangnya. 

Suasana meriah Festival Nasi Bakar dalam Pekan Budaya Majapahit 2023. (ist)

Dengan diadakannya Festival Nasi Bakar ini diharapkan dapat melestarikan warisan kuliner tradisional yang sampai saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat. 

Dalam kesempatan itu pula Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan nantinya ratusan nasi bakar yang sudah matang dimasak peserta dan selesai penjurian akan dibagikan gratis untuk dinikmati para pengunjung. 

"Nasi Bakar ini akan kita bagikan gratis untuk dinikmati kepada para pengunjung yang hadir dalam festival ini, tapi setelah selesai penjurian tentunya," tambah Ani.

Pekan Budaya Majapahit 2023 ini berlangsung mulai tanggal 10 hingga 16 Nopember yang akan datang. Adapun rangkaian kegiatannya antara lain Pertunjukan Ludruk Semar Mesem JTV, Teatrikal Panji, Ludruk Arek, Wayang Milenial, Wayang Beber, Wayang Krucil, Bantengan Majapahit, Festival Nasi Bakar, Festival Canting, Kirab Budaya, Tari Dolanan, Kotekhan Lesung, Tari Tradisional serta Kirab Pengambilan Tujuh Air Suci. (eko)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper