Kelurahan Sukorame Mitra Binaan Pertamina Lubricants Gelar Jumat Berkah

Setyo Nugroho, manajer Production Camat Gresik, Lurah Sukorame 
saat kunjungi Kampung Sukorame. (Ist)
Setyo Nugroho, manajer Production Camat Gresik, Lurah Sukorame saat kunjungi Kampung Sukorame. (Ist)
b-news.id leaderboard

GERSIK | B-news.id - Mitra Binaan Pertamina Lubricants yang berlokasi di Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia Kategori Trophy Utama.

 Penghargaan ini didapatkan sejak tahun 2022 – 2023 di lokasi RW 01 Sukorame atau yang biasa disebut Kampung Markisa dan RW 02 Sukorame yang memiliki nama Pokmas Segherd. 

Penghargaan tersebut didapat berkat inovasi – inovasi masyarakat di bidang lingkungan, seperti inovasi pengelolaan Tanaman Markisa dari hulu ke hilir dan inovasi Rak Curhhaat yang merupakan inovasi dalam pengelolaan sampah di masyarakat. 

Rak Curhhaat sendiri memiliki arti C: Cuci Tangan (Sebelum / sesudah beraktivitas), U: Ubah Sampah Plastikmu (menjadi ecobrick), R: Rawat Limbah Dapurmu (Menjadikan komposter), H: Hanguskan Rokokmu (Matikan rokok Ketika masuk rumah), H: Hijaukan Lingkunganmu (Menanam di tempat yang kosong), A: Antar Minyak Limbah Gorengmu, AT: Ambil Tasmu untuk berbelanja (Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai). 

Dalam agenda Jumat (3/11) ini, masyarakat Sukorame membagikan 100 botol minuman markisa dan nasi bungkus kepada warga yang membutuhkan. Serta pendistribusian 3 Rak Curhhaat dari RW 02 Sukorame kepada PT Pertamina Lubricants, Kantor Kecamatan Gresik, dan Kelurahan Sukorame. 

Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai inovasi – inovasi lingkungan dari Kelurahan Sukorame. 

Setyo Nugroho, Camat Gresik dan Lurah Sukorame menyapa warga. (Ist) 

Camat Gresik, Arip Wicaksono menyampaikan “Inovasi Lingkungan dan Keberhasilan ini perlu kita gaungkan, mengingat hal ini bisa memicu masyarakat Gresik lainnya untuk untuk belajar dan meniru keberhasilan masyarakat Sukorame. Yang di mana pada Tahun 2023 ini ada 11 kampung yang maju ke Proklim di Kecamatan Gresik, tetapi hanya RW 02 Sukorame yang mampu meraih Proklim Trophy Utama disini,”katanya.

Lurah Sukorame Rizal Ghithrif menambahkan, “Tentunya dalam keberhasilan ini tidak lepas dari peran Pertamina Lubricants dalam melakukan pendampingan dan pembinaan, semoga Pertamina Lubricants tidak bosan – bosannya membimbing kami dalam pengelolaan lingkungan.”

Setyo Nugroho Manager Production Unit Gresik yang menyampaikan, “Harapannya warga bisa memegang komitmen dalam menjaga lingkungan ini secara keberlanjutan, dan terus mengembangkan inovasi – inovasi lingkungannya.”

Syukuran ini di hadiri oleh Setyo Nugroho Manager Production Unit Gresik, Arip Wicaksono Camat Gresik, Rizal Ghithrif Lurah Sukorame, Kader Lingkungan RW 01 Sukorame, Kader Lingkungan RW 02 Sukorame. 

Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable & Development Goals (SDGs) nomor 1 yakni Menghapus Kemiskinan dan nomor 8 yakni Pekerjaan layak. (ali)

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper