Pengawasan dan Pengendalian Manajemen ASN, Wujud Integritas dan Moralitas

Bupati Ikfina memberi apllaus kepada seluruh peserta Pengawasan dan Pengendalian ASN. (ist)
Bupati Ikfina memberi apllaus kepada seluruh peserta Pengawasan dan Pengendalian ASN. (ist)
b-news.id leaderboard

KABUPATEN MOJOKERTO | B-news.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto mengadakan pengawasan dan pengendalian manajemen ASN di Ballroom Hotel Ayola Sunrise Mall pada Rabu (1/11) pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam mewujudkan integritas dan moralitas serta meningkatkan pemahaman dan wawasan para Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai norma, standar dan prosedur dan kriteria (NSPK).

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berkesempatan membuka langsung kegiatan ini, yang turut dihadiri pula Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Asisten dan para Staf Ahli Bupati Mojokerto, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD serta para Camat Se-Kabupaten Mojokerto. 

Dalam penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian manajemen ASN ini juga diadakan Focus Grup Discussion (FGD), dimana mengundang Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN, Dr. Otok Kuswandaru serta Kepala Kantor Regional (Kakanreg) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Surabaya M Ridhuwan.

Dalam sambutannya Bupati Ikfina mengungkapkan bahwa negara Indonesia memiliki harapan besar kepada seluruh ASN untuk bekerja secara profesional, kompeten menerapkan core value "BerAHKLAK" produktif dan berkinerja tinggi. Selain itu dibutuhkan juga integritas, disiplin dan komitmen dalam menjalankan amanah yang diberikan. 

"Memang tidak mudah, benar-benar dibutuhkan integritas, kedisiplinan dan komitmen yang kuat dari diri kita masing-masing. Bagaimana nantinya kita bisa mewujudkan kinerja yang baik, tidak mengenal lelah dan tanpa batas," tutur Ikfina. 

Untuk itu dalam rangka mewujudkan integritas dalam manajemen ASN di Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina juga berkomitmen untuk bersih dari semua praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di wilayahnya.

Penerapan konsep tersebut sangat dibutuhkan strategi pembinaan, pengawasan dan pengendalian yang efektif untuk menjamin pelaksanaan manajemen ASN berbasis sistem merit. "Sehingga setiap ada pelantikan ada surat pernyataan yang harus ditandatangani," jelasnya. 

Peserta Pengawasan dan Pengendalian ASN di lingkup Pemkab Mojokerto. (ist)

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto menjelaskan bahwa pada tahun 2023 yang menerapkan manajemen ASN berbasis sistem merit, terdapat peningkatan yang cukup signifikan.

Hal tersebut terlihat dari berbagai prestasi yang berhasil dicapai Pemkab Mojokerto dibidang manajemen ASN yakni yang pertama Indeks Implementasi NSPK manajemen ASN Pemkab Mojokerto tahun 2022 dengan nilai 89,75 kategori A predikat unggul.

Capaian tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 84 kategori A predikat unggul. 

Kemudian yang kedua nilai sistem merit Pemkab Mojokerto tahun 2022 sebesar 307,5 kategori baik, sedangkan di tahun 2021 nilai sistem merit Kabupaten Mojokerto hanya sebesar 263 kategori baik.

Untuk yang ketiga, Indeks Profesionalitas ASN dengan nilai sebesar 86,24 dengan kategori tinggi. Jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni tahun 2021 dengan nilai sebesar 67,22 dengan kategori rendah. Keempat pelaporan e-lapkin tahun 2022 mencapai 99,93% (peringkat 1 prosentase tertinggi di wilayah kanreg II BKN Surabaya).

Kelima, di tahun 2022 Pemkab Mojokerto telah menggunakan aplikasi integrated discipnest (I'DIST) dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran disiplin PNS. Keenam Digitalisasi manajemen ASN. 

Bupati Ikfina mengharapkan seluruh ASN dilingkup Pemkab Mojokerto benar-benar dapat memanfaatkan kegiatan ini, sehingga kedepannya seluruh ASN dilingkup Pemkab Mojokerto mempunyai integritas yang tinggi dan benar-benar profesional serta berkualitas dalam melaksanakan tugas-tugasnya. 

"Sekali lagi saya mohon partisipasi anda semuanya, mari kita kuatkan komitmen dalam pengelolaan ASN yang berkualitas dan profesional di lingkup Kabupaten Mojokerto," pungkasnya. (eko) 

b-news.id skyscraper

Berita Lainnya

b-news.id skyscraper